Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Calorie Counter – Lesson of the day #2

leave a comment »

Setengah tidak percaya, saya menemukan bahwa Average Human Weight adalah 62kg. Artinya, selama ini saya menggunakan perhitungan lari sejauh 6 miles selama 01:12:00 atau dengan pace 12 minutes per miles, itu bisa membakar calories sekitar 600 calories, dengan rata-rata per miles sebanyak 100 calories.

Dengan ini maka perhitungan calories bisa dilakukan dengan mudah.

Anggaplah rata-rata orang kegemukan, artinya calories intakenya lebih besar daripada caloris expenditurenya -klasik sebenarnya, karena rata-rata orang pemasukannya lebih besar dari pengeluarannya (khususnya kalau bicara makanan) dan kalau bicara uang, maka sebaliknya.

Indikator
Selanjutnya yang perlu dihitung adalah standar, untuk ini kita menggunakan BMI ideal. Dengan tinggi saya sekitar 163cm maka berat ideal dengan BMI 25 adalah 66kg.

Overweight
Saya menemukan bahwa untuk mendapatkan berat yang ideal sekitar 63kg -berat terbaik yang bisa saya dapatkan diusia 30-an tahun. Namun saya melihat bahwa orang pada umumnya makan lebih dari 800 calories per setiap kali makan. Artinya kalau ada orang normal yang makan 3x sehari, maka asupan makannya lebih dari 2400 calories.

Yang anggaplah bila kita bekerja secara moderately active ref, dimana butuh sekitar 2400 calories per hari, maka otomatis akan overweight. Kalau mengurangi makan menjadi 2 kali sehari, saya kira rata-rata orang Indonesia bisa mendapatkan berat yang ideal -di konsumsi sekitar 2000 calories per hari.

Pilihan yang bisa saya ambil
Kalau saya masih cinta makan 3x sehari, maka lari minimal 600 calories sehari bisa menjaga agar tubuh menjadi ideal, namun komponen asupan makan yang lain harus dikurangi.

Apa saja yang bisa dikurangi
Minuman manis seperti sekaleng coca cola 150 calories, starbucks frappuchino bisa 400 calories. Meskipun hanya 100 calories, nilainya sama dengan lari sejauh 1 miles.

ref, ref,

Written by Anjar Priandoyo

Desember 12, 2016 pada 2:54 pm

Ditulis dalam Life

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: