Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Saya? Analis (ARIS)

leave a comment »

enterprise-process-mapMungkin kata yang paling tepat mendeskripsikan diri saya adalah analis. Dan di industri, analis adalah orang yang pekerjaannya adalah berpikir. Orang yang pekerjaannya melihat sesuatu, dari sesuatu yang dilihat diambil kesimpulan tertentu.

Sederhana?

Contohnya bila melihat restoran, maka saya melihat ada proses menggoreng ayam, proses menggerus sambal, proses menyiapkan makanan. Namun, kalau dilihat dari sudut pandang uang, maka proses yang dilihat adalah proses memesan, proses membayar dan proses menghitung.

Sederhana? tidak juga.

Kalau dilihat dari dimensi organisasi, maka ada proses membagi tugas, ada proses menggaji karyawan, hingga proses investasi untuk mengembangkan usaha bahkan proses perawatan piring dan gelas.

Jadi bagaimana cara melihat sebuah warung pecel lele yang benar?

Cara pertama adalah Value Chain (Porter, 1985). Value Chain melihat organisasi dari dua dimensi saja, Primary Activities (Core Process) dan Support Activities. Di Bank Core Process adalah lending-saving, diluar itu adalah supporting activities, mau finance, IT, HR, procurement. Di Pabrik, Core process adalah production, operation, diluar itu sama seperti bank merupakan supporting activities.

Cara kedua adalah melalui BSC (Kaplan & Norton, 1996). BSC melihat organisasi tidak dari dimensi proses, tapi menambahkan 3 perspektif lain yaitu uang, pelanggan dan pembelajaran.

Masih belum terlalu rumit?

Nanti dulu, orang yang sudah damai-damai hanya bermain di level proses saja, tiba-tiba menghadapi kenyataan ada namanya komputer. Sehingga ada satu domain besar yang ikut bermain: teknologi (termasuk turunannya: aplikasi, data, project, security)

Tiba-tiba Bang, ada Enterprise Architecture (TOGAF), kemudian ada BPMN (ARIS). Tiba tiba ada BABOK, DMBOK dan seterusnya.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Januari 11, 2017 pada 1:35 pm

Ditulis dalam Management

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: