Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

People, Process, Technology

leave a comment »

Mantra “People Process Technology” (PPT) pertama kali saya dengar sekitar tahun 2008, saat mengerjakan proyek IT Strategy pertama saya. Menarik, karena sebelumnya saya hanya berpikir dari sudut pandang Audit/Security dimana organisasi hanya saya lihat dari dimensi Change Management, Access Management dan Operation Management.

*Belakangan saya baru tahu, sebenarnya mantra PPT yang saya dapatkan dari orang IT ini bisa direfer pada Key Elementnya ITIL atau Security-nya Bruce Schneier. Jadi kalau orang bicara mengenai PPT sebenarnya bicara mengenai security itu harus ada aspect peoplenya, ada aspek prosesnya (approval, creation, deletion) dan ada aspek technology (firewall, antivirus).

Sebagai orang analis, saya harusnya bisa melakukan apa saja. Paling gampang adalah terhadap organisasi yang menginginkan “process improvement”, intinya proses yang sudah ada direduksi -padahal kenyataan yang sering terjadi adalah menggambar ulang business process yang sudah ada (dan merencanakan yang baru).

Paling susah adalah melakukan “new initiative”, contohnya adalah membentuk organisasi baru -misalnya organisasi PMO baru, organisasi change mangement baru. Karena untuk organisasi yang baru ini harus dijelaskan terlebih dahulu kemampuan apa yang bisa dikerjakannya.

*Padahal baik “proses improvement” maupun “new initiative” adalah berbicara pada hal yang sama.

Written by Anjar Priandoyo

Januari 12, 2017 pada 10:27 am

Ditulis dalam Science

Tinggalkan Balasan

