Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

UML, Swimlane, BPMN, EPC

leave a comment »

Ok, sebagai lulusan S1 Ilmu Komputer saya tahu tentang UML -dengan bangga. UML digunakan untuk membantu programmer mendesign system. Karena? programmer bicara dengan mesin dengan programming language (C, Java) maka butuh seseorang yang bicara dengan user. Orang tersebut bernama system analyst yang bicara dengan UML.

Setelah bekerja, karena saya tidak bekerja di bidang IT development, baik sebagai programmer ataupun system analyst maka UML ini tidak pernah saya pakai. Selesai.

Namun setelah berpuluh tahun, akhirnya saya harus mempelajari lagi mengenai ARIS. Dan disinilah benang merah atas semua yang saya pelajari bertemu.

Diawal karir saya, saya menggambar flowchart process, flowchart process itu digambar dalam format swimlane. Swimlane memudahkan untuk mengetahui siapa pelakunya, sehingga memudahkan untuk memetakan risiko dan kontrol. Happy Ending. Swimlane dan UML tidak berhubungan.

ARIS menghubungkan semua ini akhirnya. Karena? ARIS didesign dengan format EPC yang mungkin -seharusnya hari ini lebih unggul daripada BPMN, dimana si BPMN ini powerfull dalam menggambar process. Seperti di jelaskan di Stackexchange bahwa UML lebih superior untuk algoritma dan BPMN lebih superior untuk process design. BPMN sendiri punya kelebihan dan kekurangan ref. Dan konon EPC lebih populer dari BPMN, cara konversinya kira-kira seperti ini ref.

Lalu apakah hal ini menjadi penting?
Bukankah seperti orang berdebat mengenai Canon vs Nikon, padahal orang tersebut tidak pernah memotret sama sekali? Jawabannya mungkin tidak penting, tapi paling tidak kita tahu, dan itulah mengapa saya menuliskannya disini.

Catatan, ini beberapa flowchart yang dibuat. Menarik bukan, mengetahui ada banyak cara untuk menggambar. (image source ariscommunity)

bpmn

deregulation-before-after

epc

flowchart-small-hydro-appointment

geothermal-flow

Hydro Flow ref
Deregulation Before After ref
Geothermal Flow ref

Written by Anjar Priandoyo

Januari 12, 2017 pada 2:20 pm

Ditulis dalam Business

Tinggalkan Balasan

