Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Energy Regulations

leave a comment »

Pagi ini saya ingin memulai mendesign bisnis proses energi di negara Indonesia. Dari beberapa contekan, saya bisa merancang dari konteks kebijakan:
1. Policy Making (Planning > high level policy)
2. Policy Execution (Licensing, Contract Making, Regulation > detailed SOP)

Cuman dititik ini saya merasa janggal, masa sih tidak ada orang yang sudah mendevelop proses bisnis disebuah negara, macam ETOM gitu lah kira-kira. Dengan beberapa keyword saya mencoba search akhirnya? tersesat. Beberapa yang saya temukan antara lain:

  1. A framework for visually monitoring business process compliance > orang IS mendesign metode yang lebih efektif untuk memonitor compliance, ini lebih advance dari yang saya butuhkan.
  2. Risk Aware vs Business Process comparison > juga orang IS, lebih dari yang saya butuhkan. Ini levelnya filosofis. Levelnya researcher.
  3. Enterprise Framework for Renewable Energi > orang management, dang.

Untungnya saya sudah mencatat sebelumnya, bahwa intinya bisnis proses energi itu hanya dua licensing dan market intervention. Market intervention ini yang lebih tepatnya masuk ke area regulations. Jadi ada regulation mengenai minimum energi yang dihasilkan, minimum emisi, minimum kwh, building energy regulations (apa impactnya, apa barriersnya).

Written by Anjar Priandoyo

Januari 13, 2017 pada 11:04 am

Ditulis dalam Science

Tagged with

Tinggalkan Balasan

