Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Memanage Raksasa

leave a comment »

Di Indonesia, perusahaan paling besar itu kelasnya Conglomerate, perusahaan ini punya business unit yang industri-nya sangat berbeda contohnya Astra International. Punya bisnis mobil (manufactur, financing), bisnis bank, perkebunan. Beberapa business unit Astra bisa saling sinergi misalnya IT, tapi ada yang sangat berbeda, contohnya perkebunan.

Di level dunia mungkin kelas Conglomerate itu Samsung atau Mitsubishi, yang punya segalanya.

Namun, Conglomerate tidak selalu paling besar. Di bawah conglomerate ada Corporation, perusahaan yang hanya punya satu industri saja tapi dari ujung ke ujung. Contoh Shell, dari Explorasi, Distribusi, Power hingga Chemical.

Conglomerate secara organisasi, paling susah digambar. Karena kompleks. Fenomena yang lain adalah State Owned Company, yang bisa sangat besar, meski bisnisnya hanya satu area saja, misalnya Electricity (China State Grid)

Namun dari Conglomerate juga banyak inovasi yang bisa dihasilkan contohnya adalah Six Sigma-nya GE. Karena untuk memanage organisasi yang besar, konsep Division mungkin sudah tidak relevan lagi dibandingkan Strategic Business Unit atau Market Segmentation.

Kementerian kelasnya adalah perusahaan, sementara Negara kelasnya adalah konglomerasi. Di Indonesia tidak ada Konglomerasi di level SOE. Paling dekat adalah Holding BUMN per sektor, namun bila ada Holding BUMN untuk seluruh BUMN, semisal Temasek yang istilahnya adalah Government-Linked Company, mungkin itu level yang paling mendekati.

https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_largest_companies_by_revenue
http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0925527307003441

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Januari 15, 2017 pada 6:14 am

Ditulis dalam Management

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: