Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Dejavu

leave a comment »

Saya masuk kuliah tahun 2000. Disaat itu, IDE yang pertama kali saya lihat adalah Borland Delphi 3 (yang ternyata direleased tahun 1997). Kemudian Delphi yang saya install adalah Delphi 4, dimana contoh software database ikan, merupakan contoh software yang terkenan-kenan sekali saya kerjakan.

Mengenai versi yang terkenang-kenang memang diantara 4-5, sama seperti merefer photoshop ke photoshop 5 yang keluar sekitar tahun 1998-an.

Mengenang Delphi seperti mengenang perdebatan ala mahasiswa pada waktu itu. Menggunakan software Delphi atau VB. Perdebatan yang sudah seperti antara Canon dan Nikon.

Dan hari ini saya melihat wikipedia dari Delphi ternyata Delphi paling tidak sudah melewati 3 fase hidupnya. Dari 1995-2004, 2004-2008 dan dari 2008-present date. Ternyata perubahan yang dialami Delphi sudah sedemikian bervariasinya. Saya tidak tahu bagaimana nasib programmer-programmer berbasis Delphi yang eksis pada tahun 2000-an terdahulu.

Perubahan terjadi begitu cepat.

Ini mengingatkan saya juga pada data BAN PT mengenai akreditasi perguruan tinggi ini.
http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php

  1. Seberapa signifikan kah waktu berkuliah selama 4 tahun dalam mempengaruhi ‘kesuksesan’ seseorang? tidak banyak kan.
  2. Apa iya, ilmu yang hanya kulitnya kita dapatkan di bangku kuliah, bisa membantu kita berkarir kedepan? tidak juga kan.

Kuliah, ekstrimnya memang hanya untuk mendapatkan gelar. Setelah mendapatkan gelar, perjuangan yang sesungguhnya adalah mendapatkan pekerjaan.

Tapi, orang yang serius pada saat kuliah (dan sukses dalam kacamata kuliah), biasanya juga serius dan sukses di pekerjaannya.

Written by Anjar Priandoyo

Januari 16, 2017 pada 7:13 pm

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

