Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

The Why (Mengapa) and The How (Bagaimana)

leave a comment »

Akhirnya, saya menemukan lagi bagaimana aspek Why dan How bisa memudahkan menganalisa sebuah persoalan yang kompleks. Intinya, aspek Why dan How selalu ada, dan sebagai seorang yang ‘baik’ sebagai seorang ‘praktisi’ maka kita harus fokus pada aspek How. Kita lihat contoh berikut:

*Strategi dari sudut pandang organisasi
Dalam sebuah organisasi pasti ada Policy dan Procedure. Procedure adalah proses, how to-nya, bagaimana Procedure mencuci mobil. Namun dalam mencuci mobil pasti ada aspek policy-nya, semisal Policy bahwa mobil harus dicuci dengan air sebanyak 3x, atau policy bahwa pada saat mencuci mobil harus mengenakan pakaian safety.

Aspek why ini bisa disebut juga strategy atau disebut juga policy. Sesuatu yang mensummary-kan. Sesuatu yang tidak perlu digambar. Strategi bisa dikatakan bagian awal, atau bagian executive summary.

Strategi merupakan aspek why, yang tidak perlu ditanyakan/dikritisi

*Strategi dari sudut pandang penyusunan strategi
Sementara, dari sudut pandang penyusunan strategi. Maka strategi bisa dipandang sebagai sebuah produk yang terdiri dari kumpulan-kumpulan proses.

Dari sudut pandang bisnis cuci mobil tadi maka penyusunan strategi adalah melibatkan diskusi manager cuci mobil dengan owner. Melibatkan aspek mana yang perlu diperhatikan, apakah jumlah air ataukah kepuasan pelanggan. Kemudian proses penyusunan strategi melibatkan diskusi lebih lanjut mengenai bagaimana seharusnya ‘rencana’ ini bisa diterapkan di bisnis cuci mobil.

Namun kembali, strategi tidak bisa digambar.

Sama seperti IT strategi yang produk akhirnya adalah prioritas proyek yang harus dikerjakan. Prioritas itu hanya bisa dinarasikan -dalam satu paragraph misalnya. Sementara dibelakangnya adalah kumpulan proses, dan untuk menjembataninya adalah kumpulan dari aspek IT.

http://physics.stackexchange.com/questions/90164/physics-the-why-vs-how-question

http://www.ariscommunity.com/users/hmarais/2011-07-28-difference-between-policy-process-and-procedure

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Januari 18, 2017 pada 10:59 am

Ditulis dalam Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: