Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Eropa

leave a comment »

Bicara sejarah eropa, kita akan bicara mengenai tiga tahap besar: classical antiquity, middle ages (5-15th century) dan modern. Dengan kata lain, Eropa itu pernah maju-mundur-maju. Buat saya, tahap middle ages ini sedih, karena eropa mengalami kemunduran. Dan mungkin, untuk saat ini belajar mengenai tahap middle ages, agak too much, karena sangat kompleks.

Saya tertarik untuk melihat tahap classical antiquity, yang merupakan fondasi eropa. Dari Greek 800 BC hingga End of Roman Empire 500 AD.

Namun, sebenarnya melihat sejarah eropa dari tiga tahapan besar juga tidak sepenuhnya tepat. Karena sebenarnya harus melihat juga dari tahapan Stone Age – Bronze age (3300BC – 1200BC) – Iron Age.

Jadi kalau diceritakan secara keseluruhan adalah: stone age – bronze age – iron age – classical – middle age – modern. Kalau dirunut ceritanya adalah mundur-maju-mundur : maju-mundur-maju. Sebuah siklus yang akan selama konstan. Naik dan turun.

Sebentar. Sampai saat ini artinya eropa yang maju bisa mundur lagi?
Bisa ya, bisa tidak. Ada yang dulu mundur, sampai sekarang terus mundur (mungkin egypt) ada yang dulu maju, terus maju (mungkin italy).

Ok, jadi mana yang paling menarik? menurut saya saat ini ada 2: classical antiquity dan bronze age. Dan Bronze age menurut saya yang paling kompleks dan mewariskan banyak penemuan yang terus dipakai hingga sekarang. Mari kita lihat.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Januari 22, 2017 pada 6:47 am

Ditulis dalam People

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: