Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Sectors Classification vs Fuel Classification

leave a comment »

Menurut orang energy, sectors itu hanya dibagi empat saja: Transport, Building (Residential/Commercial), Industry, Electricity/Power. Masing-masing sector itu sudah njelimet sekali. Transport misalnya, super ribet, dari fuel management, hingga traffic, vehicle, road. Building, meski terlihat sederhana juga sama ribetnya, biasanya masuk ke residential atau komersial juga. Dan power? ya sudahlah, sangat kompleks.

Enak kan, orang energy itu melihat dunianya sederhana saja. Empat sektor yang mengkonsumsi energi, dimana energi adalah currency utamanya.

Orang environment, melihat sector jauh lebih kompleks. Ada penambahan beberapa sector yang orang Energi tidak pernah pikirkan. Misalnya:
– Agriculture, lah di agriculture kan tidak ada pemakaian energi? ya, tapi di agriculture, polusi yang dihasilkan sangat besar e.g Methane, dari sapi hingga padi. Agriculture juga termasuk Forestry (Land Use), lah kenapa dengan hutan? ya, Biofuel nanti kan pengembangannya ada impact pada hutan. Hutan sendiri sudah ribet, dari kebakaran hutan, hingga biodiversity
– Waste, Ini super ribet, dari Solid Waste hingga Waste Water. Waste Water terutama, ini akan super ribet karena berkait dengan Pekerjaan Umum (Ministry of Public Works) untuk Water Supply & Sanitation Infrastructure. Kemudian akan merembet dengan Ministry of Kesehatan.

Sebenarnya ada alternatif lain yang bisa dipakai. Yaitu melihat dari dimensi fuel share. Fuel share ini lebih sederhana, misalnya: Energy Demand (Coal, Gas, Oil, RE) kemudian ke dimensi Supply bisa juga dilihat dari dimensi yang sama.

Mungkin analoginya melihat mobil ya. Mobil berdasarkan tipenya (MPV, SUV, Sedan) atau berdasarkan harganya (Low, Medium, High End). Sama saja, tinggal mana yang lebih disukai -baca: focus dalam riset.

Saat ini saya lebih melihat ke fuel transition.

Semoga ya.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Januari 24, 2017 pada 2:30 pm

Ditulis dalam Science

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: