Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Implementasi

leave a comment »

Saya baru menyadari, bahwa kita ini tidak pernah kekurangan ide, kekurangan orang pintar. Dari dulu hingga sekarang, tapi yang jadi masalah adalah implementasinya yang tidak mudah. Bukan karena kita malas, tapi karena memang luar biasa susah dan membutuhkan energi/tenaga/biaya yang sangat besar.

Contoh 1: Mengenai solusi energi transportasi (energi-nya ya, bukan kemacetan). Ternyata sudah banyak analisa mengenai Pengelolaan Penggunaan BBM yang efektif pada transportasi darat, sudah ada Badan Penelitian Pengembangan Perhubungan RRI, sudah ada STMT Trisakti. Ibaratnya mau cari apa solusinya mau seperti apa sudah ada tumpukan panduan yang bisa dipelajari

Contoh 2: Olahraga. Olahraga itu “murah”, waktunya cuman 30 menit perhari, tapi implementasinya susah. Mengapa ada yang bisa? untuk menjawab itu mari kita lihat penjelasannya lebih dulu. Olahraga itu tidak murah, olahraga dibandingkan main ipad misalnya, lebih menyenangkan main ipad. Artinya nilai olahraga itu lebih tinggi daripada ipad. Artinya, untuk bisa berolahraga, harus punya sesuatu yang nilainya lebih tinggi daripada ipad. Di masyarakat yang senang berolahraga, maka nilai olahraga lebih tinggi. Artinya orang akan lebih memilih olahraga daripada ipad.

Artinya, semua jawaban bahwa implementasi itu susah, itu memang benar-benar susah dan mahal. Menyuruh orang memakai helm itu susah dan mahal. Perlu sosialisasi bertahun-tahun, perlu dukungan dana yang besar, perlu kreativitas e.g ada program gratis helm, ada program denda lalu lintas tidak memakai helm ada membeli helm. Program ini harus terus menerus dilakukan, dengan usaha dan biaya yang besar.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Januari 26, 2017 pada 11:15 am

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: