Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Industri Buku

leave a comment »

Buku yang saya sukai adalah buku sejarah, lebih tepatnya buku sejarah yang ringan seperti Debt (David Graeber, 2011) idenya adalah sejarah peradaban itu dibangun dari sebuah inovasi bernama hutang. Silk Roads (Peter Frankopan, 2016), kurang lebih sama sejarah peradaban itu berupa infrastruktur bernama jalan. Genre seperti ini merupakan favorit saya, sama seperti dua buku yang paling saya suka yaitu Sapies (Harari, 2014) dan Guns Germs and Steel (Diamond, 1997).

Namun, saya tidak begitu suka dengan buku serupa yang lebih ke arah ekonomi yang makro seperti Why Nations Fail (Acemoglu, 2012) atau ekonomi yang mikro seperti Freakonomics (Dubner, 2003). Buku yang gayanya lebih ke ekonomi, dengan setting lebih modern menurut saya terlalu kompleks untuk dibaca. Rumit karena ada banyak faktor yang modern yang mempengaruhinya.

Sebagai industri, buku itu sangat menarik. Buku Debt itu serupa dengan buku Against the God – Story Risk (Bernstein 1996) perbedaannya hanya sudut pandang saja. Yang satu mengenai risiko yang satu mengenai hutang (sesuatu yang punya risiko).

Industri buku sebenarnya bukan industri pengetahuan. Industri buku adalah industri hiburan. Industri pengetahuan pemain besarnya adalah universitas, journal dan buku teks.

Trend yang terus berganti
Buku populer manajemen yang terakhir menurut saya adalah Blue Ocean Strategy (Kim Mauborgne 2005). Ini adalah model buku yang terakhir seperti Porter/Drucker. Selanjutnya adalah buku manajemen yang lebih praktis (tidak ada jargon) dan lebih pada internet based business (startup).

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Januari 29, 2017 pada 7:13 am

Ditulis dalam Management

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: