Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Perkembangan Teknologi di Indonesia: Kepala saya sakit

leave a comment »

Saya tidak bisa membayangkan, bagaimana orang asing melihat Indonesia, lebih tepatnya melihat perkembangan teknologi di Indonesia. Paper ini memberikan beberapa penjelasan

  • Indonesia tertinggal dalam hal teknologi dibandingkan Thai/Malay dilihat dari komposisi produk ekspornya. Indonesia masih banyak produk tidak canggih 23%, dibandingkan Thai yang mencapai 50%.
  • Untuk improve its technological capability, sebuah negara bisa melakukan dua hal: membangun inovasi lokal (sangat sulit) atau memanfaatkan inovasi asing (inward FDI, licensing, subcontracting, OEM)
  • Policy teknologi bisa dari sisi Insentif, Education/Training, Infrastruktur

Artinya ini kompleksitas yang lain, negara maju tidak hanya dilihat dari GDP-nya saja. Tapi juga penguasaan iptek, penguasaan iptek tidak dilihat dari rangking PISA atau jurnalnya, tapi dilihat dari komposisi ekspornya.

Pertanyaannya, mungkin tidak negara tersebut ranking jurnalnya tinggi, tapi ekspor teknologinya rendah? tidak mungkin. Yang lebih mungkin adalah ekspor teknologinya tinggi, sehingga masyarakatnya kaya, setelah masyarakatnya kaya baru bisa meningkatkan pendidikan.

Secara makro (garis besar), sepanjang ekonomi sebuah negara belum bagus, maka pendidikannya tidak mungkin bagus. Tapi secara mikro, semua harus berusaha, pendidikan ditingkatkan, ekonomi ditingkatkan. Ibaratnya pemerintah harus bersikap optimis.

Source:
Technology Development in Indonesia, Yumiko Okamoto and Fredrik Sjöholm, 2001

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Januari 31, 2017 pada 1:42 pm

Ditulis dalam Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: