Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Ekonomi oh faktor ekonomi

leave a comment »

Economy. Catatan ini masuk dalam tahapan baru: Economy. Dulu saya pikir, namanya Economy hanya sebuah kegiatan saja. Kegiatan bikin pabrik, bikin sawah, bikin masakan. Sekarang saya baru bisa melihat beberapa hal yang sebenarnya sudah berulang dari puluhan atau ribuan tahun yang lalu.

Economics. Dari Economy, saya mulai belajar Economics (Ilmu Ekonomi), dari macro policy (moneter, fiskal) kemudian trade policy (tarif), hingga regulatory policy (deregulation)

Economy (lagi). Namun, setelah berjalannya waktu, saya pikir semua ini kembali pada Ekonomi sebagai sebuah kegiatan lagi. Kenapa? karena sebuah event economy, terjadi lewat banyak driver, banyak faktor yang mempengaruhinya contohnya.

Harga Minyak
Pakto 1988 yang merupakan deregulasi perbankan di Indonesia, yang selanjutnya mendorong terjadinya krismon 1997. Pakto 88 didorong dari paket deregulasi 1983 yang salah satu drivernya adalah harga minyak.

Deregulation / Privatization
Privatisasi sebagai sebuah trend diawali di Inggris tahun 1979 (Thatcher). Juga didorong oleh harga minyak, dan stagnasi ekonomi. IPP pertama di Indonesia 1994 Paiton. Selanjutnya deregulasi televisi, penerbangan juga tidak terhindarkan. Baik karena terinspirasi asing atau karena kondisi dalam negeri sendiri

Teknologi
Juga terulang dengan PBI 9/15/2007 mengenai masuknya teknologi informasi. Kemudian di tahun 2015 dengan internet mewarnai.

http://www.beritasatu.com/ekonomi/258535-jokowi-beberkan-3-momentum-indonesia-kehilangan-sumber-daya-alam.html

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Februari 5, 2017 pada 8:06 am

Ditulis dalam Science

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: