Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Coking Coal (Batubara Kokas)

leave a comment »

Supervisor saya meminta saya untuk membuat satu section mengenai energy di Indonesia. Satu section saja sebenarnya, tapi ternyata menuliskannya tidaklah semudah anak master menyelesaikan tugas kuliahnya. Buat anak master, tulisan mengenai energi di Indonesia diquantifikasi dengan jumlah kata, misalnya tulisan 500 kata mengenai energi di Indonesia. Namun, tulisan mengenai energi bagi peneliti, merupakan tulisan mendasar yang bisa menjadi dasar/pihakan untuk menganalisa aspek tertentu dari energi di Indonesia. Ibaratnya buat anak master, tulisan adalah hasil akhir, namun buat peneliti, tulisan adalah alat bantu berpikir, tulisan adalah dokumentasi.

Hari ini misalnya, saya melihat bahwa energi di Indonesia bisa dilihat dari sudut pandang comparative analisis dengan negara lain. Jepang misalnya, yang ternyata industri coalnya declining di tahun 1980 (dari produksi 55 Mton di 1960, jadi 16 Mton di 1985). Turunnya produksi ini salah satunya karena tipe coal jepang adalah hard coal, yang lebih cocok untuk cooking.

Namun, kalau kita lihat lebih lanjut. Indonesia di tahun 2013 memproduksi 485 Mt Steam Coal dan 2.7 MT Coking Coal, dimana 329 MT-nya di export. Namun dari komposisi Coal yang digunakan di Indonesia 84.3%nya dalah untuk power generation dan industri hanya 15.7%. Jauh berbeda dengan Jepang yang hanya menggunakan coal untuk power generation sebesar 58% saja, sisanya adalah 21% coke oven, 19% industry.

Artinya, kita punya banyak sumber energi, tapi tidak bisa dipakai. FYI Jepang tidak punya produksi coal as of 2015, semuanya import.

https://en.wikipedia.org/wiki/Mining_in_Japan
http://industri-batubara.blogspot.co.uk/2011/04/pemanfaatan-batubara.html

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Februari 14, 2017 pada 1:19 pm

Ditulis dalam Science

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: