Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Industri Baja Lagi (Steel)

leave a comment »

Tidak salah jika Baja disebut sebagai mother of all industry. Negara yang maju adalah negara yang produksi baja-nya tinggi. Baja yang dihasilkan selanjutnya akan membangun infrastruktur (jalan, jembatan, rel), membangun pabrik (mesin, storage), membangun industri. Industri yang mungkin negara berkembang baru bermimpi, dimana dalam realitanya negara berkembang masih menggunakan tenaga manual orang untuk membangun ekonominya. Bagaimana bisa surplus, dengan proses yang sangat lambat, manual dan dalam skala kecil.

Industri baja adalah industri yang sangat kompleks. Paling tidak ada dua pekerjaan besar: Iron making (smelting, extract iron dari bijih besi) dan yang kedua adalah Steel making. Untuk Iron making prosesnya ada dua besar yaitu Direct Reduced Iron (DRI) dengan menggunakan gas, dan Blast Furnace dengan menggunakan Coking Coal (Kokas Batubara).

Krakatau Steel sepanjang hidupnya menggunakan teknologi DRI untuk membuat iron-nya baru setelah tahun 2013 dengan bekerja sama dengan POSCO menggunakan teknologi Blast Furnace. Teknologi DRI salah satunya adalah HYL yang diperkenalkan mid-1950s by the Mexican steelmaker Hojalata y Lamina (later Hylsa).

Coke Coal ini wajib digunakan oleh negara maju untuk mengembangkan industri. Negara maju pasti memproduksi Coke Coal ini sendiri. See, ini artinya, kebijakan di Indonesia yang memecah-mecah kementerian itu tidak efektif, contoh Jepang kementeriannya adalah METI (Economy, Trade, Industry) ini harus satu paket. Karena kebijakan ekonomi (corporat) itu untuk kebijakan industri in general (basic industry, energy industry dkk).

https://en.wikipedia.org/wiki/Direct_reduced_iron
http://www.factfish.com/statistic/coke%20oven%20coke,%20production
https://plethukpunyadhani.wordpress.com/tag/coke-oven-plant/
http://industri-batubara.blogspot.co.uk/2011/04/pemanfaatan-batubara.html

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Februari 14, 2017 pada 1:09 pm

Ditulis dalam Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: