Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Negara Perencana

leave a comment »

Dilihat dari sudut pandang perencanaan, negara Indonesia ini super baik-baik saja. Contoh, sejak tahun 2004, presiden baru terpilih. Tentunya presiden menyusun RPJPN (2005-2025) yang diturunkan menjadi RPJMN (2004-2009), setelah itu diturunkan menjadi KIN (Kebijakan Industri Nasional) PerPres 28 tahun 2008. Visinya adalah tahun 2020 menjadi New Industrial Developed Country. Di sektor energi termasuk diluncurkannya Kebijakan Energi Nasional (KEN) tahun 2006. Organ UKP3R (Unit Kerja Presiden Pengelolaan Program dan Reformasi) terbentuk pada tahun 2006.

Selanjutnya, di presiden baru di tahun 2009. Disusun UKP4 (Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan) tahun 2009, Komite Ekonomi Nasional (KEN) dibentuk tahun 2010, selanjutnya MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) pada tahun 2011. Selanjutnya, UU Perindustrian diluncurkan tahun 2014.

Setiap pemimpin, tentunya sangat concern dengan kesejahteraan anggota keluarganya. Pemimpin harus memastikan anggotanya mendapatkan makan, minum, pendidikan. Namun yang paling penting adalah anggota keluarganya ini bisa produktif, bisa mandiri. Dan kalau bicara dalam konteks negara, maka yang paling penting adalah tradeable sector (agri, manufactur, energi) yang bisa dilihat dari konsep GVN/GPN (Global Value Chain/GLobal Production Network)

Sayangnya dunia tidak dilihat dari sudut pandang perencanaan (sudut pandang teori) tapi dilihat dari sudut pandang results, hasil, eksekusi.

Industrialisation after a Deep Economic Crisis: Indonesia. Haryo Aswicahyono , Hal Hill & Dionisius Narjoko
Dawn of Industrialisation? The Indonesian Automotive Industry. Kaoru Natsuda, Kozo Otsuka & John Thoburn

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Februari 15, 2017 pada 12:23 pm

Ditulis dalam Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: