Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Indonesia, Negara Kecil

leave a comment »

Mencoba melihat dengan kepala dingin, kalau saya tidak setaktis ini, mungkin saya tidak akan pernah ada disini. Kalau saya tidak pernah memutuskan untuk berspekulasi dengan mengambil pekerjaan pertama saya, mungkin saya tidak akan pernah mendapatkan posisi sebagai konsultan. Berpikir taktis ini yang seharusnya terus menerus dilakukan. Dan berpikir taktis ini untuk selalu mengingatkan sedang dimana kita berdiri.

Cirebon. Ya, Cirebon adalah kota kecil. Ditempat ini pekerjaan yang bisa dilakukan adalah menjadi karyawan pabrik rokok -yang ternyata sudah tutup, atau bekerja di Pertamina yang belakangan pun pertumbuhannya tidak sebesar dulu. Kesempatan adanya di Jakarta. Jakarta menawarkan bekerja di pabrik otomotif seperti Astra atau bekerja di kantor pusat bank. Tapi sekarang, Cirebon jauh lebih kecil dibandingkan Bintaro sekalipun, padahal dulu saya selalu membanggakan Cirebon adalah kota terbesar kedua di Jawa Barat setelah Bandung.

Indonesia, nah sekarang konteksnya adalah Indonesia. Untuk mengubah perspektif bahwa Indonesia adalah negara kecil itu susah sekali. Contoh paint consumption per capita sekitar 2.8 kg/person/year (44% decoration, 46% industry dan 10% automotive) yang mana kecil sekali dibandingkan negara-negara tetangga. Kalau direport yang lain 60% decorative (contribute 80% volume)

http://www.growthconsulting.frost.com/web/images.nsf/0/a01dc38ec55ecce3652577430040c4d9/$FILE/APCJ.FebMar10.Sheila.pdf

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Maret 13, 2017 pada 12:12 pm

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: