Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Statistik

leave a comment »

Jaman sekarang, segala sesuatu bisa diketahui dengan sangat detail. Contohnya, seorang pekerja kantoran berusia 35 tahun misalnya. Bisa diketahui berapa rata-rata orang ini berjalan satu harinya -sekitar 3,000 langkah. Bisa diketahui juga berapa rata-rata kebutuhan kalorinya -sekitar 2,000 kalori. Bisa diketahui juga berapa banyak makanan yang dikonsumsinya -sekitar 2,500 kalori.

Dengan data yang sangat kaya ini, maka sebuah program 10,000 langkah sehari bisa menghabiskan sekitar 1.5 jam, sekitar 300 calories. Dan selanjutnya bisa dirancang program-program lain, semisal olahraga perminggu harus 150 menit dan seterusnya. Saat ini bahkan, menggunakan wearable, maka energy economics / metabolism economics seseorang bisa diketahui, dimonitor, diprogram dengan lebih maksimal.

Dari kacamata kesehatan, kurang lebih sama. Detak jantung bisa diketahui, tekanan darah bisa diukur, hingga asupan obat, nutrisi dan seterusnya.

Dari kacamata ekonomi, juga sama. Bisa dihitung, rata-rata pendapatan orang Indonesia sekitar 3jt/bulan (GDP), bisa diketahui kesenjangan antara kaya dan miskin, misalnya 10% orang kaya setara dengan 50% orang miskin. Bisa diketahui bagaimana tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, tingkat pemikiran dan seterusnya.

Pertanyaannya, sama dengan konsep olahraga, kesehatan atau nutrisi. Penggunaan statisik ini hanyalah alat bantu monitoring saja. Sifatnya pun dibelakang. Untuk hidup sehat, atau untuk menjadi kaya, orang harus simpli produktif.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

April 6, 2017 pada 5:55 pm

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: