Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Bisakah kita mentrack segalanya

leave a comment »

Tracking adalah sebuah teknologi yang sangat memudahkan. Kita bisa mentrack berapa jauh kita lari dengan sangat akurat, berapa lama kita tidur, berapa cepat jantung kita berdetak. Kalau ukurannya adalah non fisik, maka kita juga bisa mentrack apa yang kita kerjakan selama liburan, selama masa proyek, atau cicilan pinjaman.

Namun PR terbesar setelah tracking adalah optimalisasi.

Contohnya, waktu tidur, dari hampir 1.5 bulan terakhir ini mentracking waktu tidur, improvement positif yang saya dapatkan adalah:
– Jika sedang dalam tekanan (before atau after), saya sering terbangun jam 01:00 atau jam 02:00 dini hari. Ternyata, saya baru menyadari ini karena saya tidur lebih cepat -karena tegang. Solusinya, bisa browsing selama 30-60 menit, kemudian dilanjutkan tidur lagi.
– Yang paling bisa dikontrol adalah waktu kapan tidur, ini bisa mengingatkan bahwa tekanan yang terjadi hingga lebih dari 1 hari bukanlah hal yang baik.

Contoh lain adalah detak jantung. Dengan cara manual, saya mengetahui bahwa resting saya sekitar 60bpm, pada saat aktivitas sekitar 120bpm. Menariknya setelah bekerja beres-beres rumah sekitar 80bpm, ketika leyeh-leyeh namun memikirkan sesuatu bisa naik menjadi 80bpm.

Namun, hingga saat ini data tracking dari detak jantung ini belum bisa difungsikan apapun. Mungkin (1) kalau lebih disiplin bisa lebih jelas melihat polanya, atau mungkin (2) kalau bisa melihat data orang lain, atau mungkin yang paling signifikan (3) kalau bisa mengetahui parameter apa yang penting.

Contohnya, kalau lari, yang lebih penting ternyata adalah negatif split, kalau dulu hanya melihat durasi, kemudian lebih upgrade melihat pace.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

April 19, 2017 pada 1:47 pm

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: