Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Mana yang kita pilih

leave a comment »

Untuk menjelaskan mengapa sebuah mobil bisa laku sementara mobil yang lain tidak kita bisa menggunakan sudut pandang Customer Experience Theory, kita bisa membandingkan antara BMW dan Mercedes. BMW kesan pengalamannya adalah anak muda sementara Mercedes kesannya adalah orang tua. Namun kesan saja tidak cukup, bisa juga dilihat dari sisi asosiasi, BMW mengasosiakan diri dengan kemandirian (bengkel yang ok) sementara Mercedes dengan kemapanan (ada club member).

Namun, kalau samplenya ditarik lebih luas lagi, maka akan lebih rumit. Misalnya membandingkan antara Lamborgini (IT), BMW (DE) dan Lexus (JP) misalnya. Semuanya sama-sama luxury car, namun Lambo lebih mengesankan anak muda yang mapan.

Kalau ujungnya menjelaskan “bagaimana menjual mobil” maka sudut pandangnya bisa saja tidak sekelas. Misalnya, tidak melulu dijelaskan melalui sudut pandangan customer yang se-segmen e.g mobil mewah atau mobil keluarga. Tapi, bisa juga menjelaskan secara vertikal. Misalnya mengapa Toyota yang punya mobil mewah, mobil keluarga dan mobil lgcc bisa merajai mobil di Indonesia. Tapi bahkan juga bisa membandingkannya dengan Honda yang tidak hanya punya mobil tapi juga punya motor.

Sama seperti Indonesia, kita bisa memilih:

  1. “Geels Transition Theory”, dimana Transisi juga terjadi pada Energy (BMW), Residential (Mercedes), atau melihat antara BMW X5 dengan Mercedes G di kelas SUV.
  2. “Similar Transition Theory” (e.g Innovation, Geographies etc). Atau melihat transisi sebagai sesuatu yang berbeda.
  3. “Similar Transition Approach” quantitative vs qualitative
Iklan

Written by Anjar Priandoyo

April 20, 2017 pada 1:10 pm

Ditulis dalam Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: