Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Catatan Hari Minggu: Selalu ada plan B

with one comment

“Sesuatu yang tidak bisa dilaksanakan rutin sepanjang tahun tidak akan menjadi apa-apa”

Menulis. Dan saya harus akui nampaknya 1 tahun terakhir program ini tidak berhasil. Kalau dibandingkan dengan program berlari, nampaknya program berlari jauh lebih baik daripada program menulis. Tulisan Qureta yang tidak berlanjut, buku yang juga tidak selesai ditulis.

Untuk tulisan, saya melihat bahwa saya mulai rutin sekitar Maret 2016, bersamaan di Qureta, priandoyo.com dan dalam bentuk buku. Bulan ini secara official, saya memang menghentikan aktivitas di priandoyo.com dan sebagai gantinya mencoba memposting di page facebook. Pola ini berjalan bersamaan, namun menandai penurunan produktivitas menulis.

Gangguan menulis? ada saja
1.Potensi pasar yang berubah, orang lebih menyukai topik yang bersifat motivasi
2.Media alternatif yang lebih menjanjikan, orang lebih suka langsung berinteraksi dengan penulisnya.

Akibatnya? tidak fokus, sehingga progress tidak bisa termonitor dengan baik.

“Statistik tidak pernah berbohong”

Pola itu hanya bisa terlihat dalam skala yang besar. Pola paling tidak bisa dilihat dalam jangka waktu 2 minggu, namun baru bisa benar-benar terlihat dalam waktu 1 tahun. Lari misalnya, lari bisa saja dilakukan secara streak terus menerus tanpa henti, namun dampak negatifnya bisa terlihat e.g diare atau kontinuitas yang tidak bisa berjalan.

“Rencana bisa berhasil, namun emosi jauh lebih mudah menghantui”

Waktu saya berangkat ke sini pertama kalinya. Plan B saya jelas. Saya akan menjual rumah diawal tahun pertama, nyatanya hingga akhir tahun ketiga rumah itu tidak dijual. Sebenarnya saya tidak perlu takut dengan apa yang akan terjadi pada 2 tahun kedepan.

Overall pikiran harus ringan, apapun caranya.

Written by Anjar Priandoyo

April 23, 2017 pada 6:12 am

Ditulis dalam Life

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Jadi sekarang mau berhenti menulis di blog dan pindah ke FB, Njar? Btw, apa kabar?

    bank_al

    April 23, 2017 at 6:57 am


Tinggalkan Balasan

