Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Energi Kentut

leave a comment »

Memecahkan masalah (lingkungan) bukanlah hal yang mudah. Contoh adalah mendapatkan pekerjaan, maka seseorang harus mengetahui bagaimana proses mendapatkan pekerjaan, meriset lowongan pekerjaan yang tersedia, menyiapkan cv yang bagus, hingga menghadiri interview yang meyakinkan. Dari proses mendapatkan pekerjaan, 95% waktu dihabiskan untuk meriset, sementara sisa 5%-an waktu adalah mendapatkan kesempatan interview. Meski ada orang yang mendapatkan pekerjaan tanpa faktor 95%, bukan berarti riset tidak memiliki peranan. Justru riset memungkinkan untuk mendapatkan pilihan yang lebih baik.

Sama seperti masalah lingkungan, waktu 95% digunakan untuk memilih opsi apa yang tersedia, kemudian waktu 5% sisanya untuk menetapkan keputusan tersebut -misal dalam bentuk peraturan pemerintah. Ini yang mungkin bagi sebagian orang terasa berlebihan. Bagaimana mungkin riset energi harus berhubungan dengan kentut manusia. Kenapa 95% waktu riset adalah berputar-putar dalam konsep yang tidak jelas akhirnya kemana.

Paling tidak saya menyadari-nya setelah mengetahui bahwa dalam sehari manusia kentut 19 kali dimana methane dan hidrogen merupakan salah satu komposisi kentut. Sama seperti urine dan feses yang mengandung nitrogen yang bisa digunakan sebagai pupuk. Dalam skala yang lebih besar, kentut ini dampaknya sangat besar, salah satunya dalam industri pertanian. Sapi misalnya, menghasilkan methane lebih banyak lewat sendawa (burp) dibandingkan dengan kentut (flatulence). Ini karena sapi adalah ruminant.

Lalu apa menariknya? buat anak sekolah, maka menyajikan informasi dalam bentuk “fun facts” akan lebih mudah diterima. Dan membuat sekolah dan proses belajar lebih menyenangkan (ini main goalnya).

http://gizmodo.com/do-cow-farts-actually-contribute-to-global-warming-1562144730
https://www.thoughtco.com/chemical-composition-of-farts-608409
http://www.oddee.com/item_98612.aspx
http://timeforchange.org/are-cows-cause-of-global-warming-meat-methane-CO2
http://www.plantea.com/manure.htm
https://www.quora.com/How-does-livestock-produce-methane

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Mei 1, 2017 pada 9:55 am

Ditulis dalam Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: