Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Energy transition – A student perspective

leave a comment »

Energy Transition adalah subyek yang sebenarnya mudah. Definisi praktis diberikan konsultan manajemen AT Kearney yang mengatakan, energi transisi adalah perubahan mendasar dalam struktur sistem energi. World bank memberikan definisi yang lebih luas bahwa energi transisi adalah rangkaian proses penyesuaian dalam energi production dan consumption yang terjadi melalui aspek ekonomi, effisiensi, dan diversifikasi. Sementara lembaga lain seperti WEF bisa memberikan definisi yang sesuai dengan prioritasnya, semisal memberikan insight. Maka, menurut WEF, energy transition adalah process memberikan keberagaman dalam energy sistem. Thus, dalam report 52 halaman, WEF memberikan banyak opsi yang beragam terhadap energi transition. NGO atau asosiasi bisa memberikan definisi berdasarkan pendapatkan system-level approach, seperti aspek-aspek mana yang penting dalam energy transition.

Buat saya, definisi yang diberikan lembaga seperti diatas adalah definisi yang paling mudah, praktis dan populer. Hanya saja dalam kerangka akademik, definisi yang diberikan oleh lembaga diatas tidak dapat digunakan.

Energy Transition dari sudut pandang akademik adalah subyek yang rumit. Akademia A yang mengutip pada tahun 2013 mengenai Energi transition bisa mengambil dari pandangan Geels (2002) secara tidak langsung yang dikutip melalui Solomon and Khrisna (2011). Akademia B yang mengutip pada tahun yang sama juga mengutip tidak langsung melalui Geels (2007). Akademia C juga mengutip tidak langsung melalui Cherp (2011). Padahal Akademia A, B dan C mencoba menuliskan paragraph yang sama definisi Energi Transition dengan teori MLP.

Is qualitative approach scientific?

http://www3.weforum.org/docs/WEF_EN_EnergyVision_Report_2013.pdf
https://www.atkearney.com/documents/10192/5293225/Global+Energy+Transitions.pdf/
http://documents.worldbank.org/curated/en/166071468764361495/pdf/multi-page.pdf
http://www.energy-transitions.org/our-approach

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Mei 2, 2017 pada 1:58 pm

Ditulis dalam Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: