Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Manual Kehidupan

leave a comment »

Manual Kehidupan

Ibarat mengendari mobil ada banyak parameter yang harus kita lihat, kecepatan, bensin, suhu udara, jumlah muatan. Dengan data yang sangat kaya ini, kita bisa menentukan bagaimana idealnya cara kita berkendara. Tapi, seringkali manual ini tidak bisa dipakai dalam realita kehidupan.

Manual kehidupan yang tidak bisa diterapkan
Berapa rata-rata waktu yang dibutuhkan orang untuk belajar berenang? statistik menunjukkan sekitar 8-12 pertemuan. Makanya program berenang di kolam renang bisa membuat jadwalnya dalam kisaran 2-3 bulan pada saat liburan summer. Percobaan yang saya lakukan dengan anak saya berusia 9 tahun pun rasanya membutuhkan sekitar waktu 10an pertemuan secara rutin untuk bisa berenang panjang 25 M (Olympic Size 50 M). Tapi menggunakan benchmark ini sebagai target untuk mencapai suatu tujuan? nanti dulu.

Bersepeda misalnya, rata-rata waktu yang dibutuhkan anak adalah sekitar 4-5 latihan untuk bisa bersepeda secara mandiri tanpa stabilizer (roda tambahan). Namun pengalaman saya pada dua orang anak, juga menunjukkan data yang berbeda. Anak satu bisa bersepeda dari usia 5 tahun, dan anak kedua tidak menunjukkan minat sama sekali untuk bersepeda bahkan pada usia 6 tahun. Jadi, kalau menggunakan benchmark ini sebagai target juga nanti dulu.

Manual kehidupan yang misleading
di UK, ternyata emigration (meninggalkan UK) sekitar 600rb orang / tahun sementara imigration sekitar 300rb/tahun, artinya lebih banyak yang masuk dari pada yang keluar. Begitu juga di Australia yang emigrate sekitar 90rb sementara yang immigrate ke Australia sekitar 200rb. Wajar, karena UK/AU merupakan negara maju yang orang ingin masuk. Sementara Indonesia justru kebalikannya lebih banyak yang emigrate (net -700rb), termasuk India (net -2500rb), China (-1800rb). Menarik karena China termasuk relatif rendah.

Gojek misalnya, survey UI (via detik Mei 2017) mengatakan bahwa 87% driver gojek adalah fulltime dengan pendapatan diatas 1.9jt (diatas UMP nasional, mislead karena UMP Jakarta 3,3jt)

http://www.telegraph.co.uk/news/general-election-2015/politics-blog/11620356/Emigration-nation-who-are-the-thousands-fleeing-Britain-each-year.html
http://www.bbc.co.uk/news/magazine-15970341

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Mei 8, 2017 pada 12:28 pm

Ditulis dalam Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: