Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Mengapa Thailand lebih baik dari Indonesia

leave a comment »

Dari negara-negara di ASEAN, Singapore adalah negara yang paling kaya. Lokasinya paling strategis. Brunei boleh dibilang pengecualian, karena ekonominya paling unik. Nomor dua setelah Singapore adalah Malaysia. Singapore dan Malaysia boleh dibilang kental pengaruh Inggrisnya.

Buat Indonesia, pembanding yang setara bukanlah Malaysia apalagi Singapore. Malaysia sudah jauh lebih efisien dari Indonesia. Pembanding yang tepat adalah Thailand. Thailand penduduknya sekitar 25% penduduk Indonesia. Namun gross enrollment ratio untuk pendidikan tingginya 3x lebih tinggi dari Indonesia (Indonesia sekitar 20%, Thailand sekitar 60%)

Artinya, kalau penduduk Indonesia 240jt dan penduduk Thailand 60jt. Dengan asumsi bahwa yang berusia pendidikan tinggi sekitar 10%. Maka Indonesia punya 24jt dan Thailand punya sekitar 6jt penduduk berusia 19-24 tahun. Maka jumlah mahasiswa Indonesia hanya sekitar 20%-nya atau sekitar 4.8jt, sementara Thailand punya sekitar 3.6jt mahasiswa.

Artinya dari jumlah mahasiswa sekilas angka ini tidak berbeda jauh. Namun kalau dilihat dari jumlah publikasi, Thailand menghasilkan publikasi sekitar 12,000/tahun sementara Indonesia hanya menghasilkan publikasi sekitar 6,000/tahun

Mengapa Thailand dengan jumlah mahasiswa yang hampir sama atau malah menghasilkan produktivitas yang dua kali lebih besar daripada Indonesia? Masalahnya ada pada ratio yang digunakan.

Bila menggunakan Gross Enrollment Ratio (APK), maka pendidikan tinggi di Indonesia terlihat lebih banyak jumlahnya dibandingkan pendidikan tinggi di Thailand. Namun angka ini mungkin tidak sepenuhnya akurat. Perkiraan saya, APK sesungguhnya mungkin jauh lebih kecil. Contoh dilihat dari PTN baru sekitar 100rb mahasiswa, PTS baru sekitar 200rb, PT Agama 10%-nya. Maka APK Indonesia dengan kualitas yang sama dengan PT di Thailand jumlahnya justru lebih kecil dari pada Thailand. Ini tentunya terlihat dari jumlah publikasinya.

Dengan adjustment sederhana saja, bisa diperkirakan jumlah mahasiswa Indonesia dan Thailand sama sekitar 3jt. Namun jumlah mahasiswa yang kualitasnya sama Indonesia mungkin lebih rendah, sekitar 1.5jt mahasiswa, dibandingkan dengan Thailand yang sekitar 3jt.

https://news.detik.com/berita/d-3453877/jk-industri-di-thailand-maju-karena-kualitas-anak-mudanya

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Mei 12, 2017 pada 12:12 pm

Ditulis dalam Science

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: