Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Text Book vs Academic Book

leave a comment »

Telat sekali, baru menyadari bahwa text book itu berbeda dengan academic book. Kalau kita mencari buku mengenai ilmu lingkungan, maka kita bisa mendapatkan text book ilmu lingkungan di perpustakaan. Namun bila kita mencari buku mengenai pencemaran udara, maka hampir dipastikan kita tidak akan mendapatkan text book pencemaran lingkungan. Yang ada, adalah academic book pencemaran lingkungan, terbitan springer atau elsevier.

Ilmu Lingkungan = Jurusan S1
Pencemaran Udara = Jurusan S2

Begitu juga kalau kita mencari buku mengenai energi, hampir dipastikan text buku mengenai energi sedikit sekali, atau hampir tidak ada. Tapi kalau kita mencarinya dalam academic book, maka ada banyak sekali buku mengenai energi. Buku Akademik mengenai bioenergi sangat banyak sekali, sama banyaknya seperti buku Piezoelectricity, Battery.

Teknik Elektro = Jurusan S1
Energi = Jurusan S2

Ini trend yang sama untuk S2 Manajemen, S2 Security, S2 Manajemen TI. Dan kedepannya S2 ini akan (sudah, sedang) menjadi program yang berdiri sendiri, berbeda dengan program S1. Menjadi program yang independen, berorientasi profit dan fokus. Saya baru lihat di UGM sendiri jurusan S2 energinya dipegang oleh fakultas, dengan dosen-dosen yang berasal dari jurusan yang berbeda-beda. Jadi Jurusan Energi bukan monopoli jurusan Elektro atau jurusan Fisika.

Ini juga berlaku pada bidang yang aneh dan spesifik, misalnya Jurusan Keuangan, Jurusan Strategic Management, Jurusan Engineering Management. Ini adalah ranah bisnisnya S2. Bidang yang spesifik dan realistis kondisi di lapangan. S1 sifatnya adalah mengajarkan ilmu yang general.

https://psmag.com/social-justice/point-academic-books-publishing-writing-literature-96610

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Mei 18, 2017 pada 4:16 pm

Ditulis dalam Science

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: