Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Salah kaprah orang Indonesia

leave a comment »

1.Mengapa orang Indonesia datang selalu datang terlambat?
Orang Indonesia selalu dicap punya budaya jam karet, padahal menurut saya ini tidak tepat. Masalahnya adalah orang Indonesia seringkali membuat janji terlalu banyak, misalnya jam 16:00 bertemu bos, jam 17:00 bertemu teman kuliah direstoran. Karena punya banyak janji, wajar orang Indonesia lebih suka terlambat. Selain itu ada faktor lain yang menambah magnitude keterlambatan, transportasi yang buruk misalnya.

Kenapa transportasi orang Indonesia selalu terlambat?
Kalau pertanyaaan orang Indonesia terlambat adalah terkait budaya. Sementara kalau pertanyaan mengenai transportasi adalah terkait teknis. Karena terkait teknis, jawabannya lebih sederhana dan pasti, misalnya, sistemnya manual, jumlah penumpang terlalu banyak.

2.Kenapa orang Indonesia materialistis?
Ini sebenarnya bukan budaya asli orang Indonesia, materialistis adalah budaya masyarakat modern, khususnya yang sistem perlindungan sosialnya belum baik. Akibatnya selain materialistis, orang Indonesia cenderung lebih kolektif. Karena sistem perlindungan yang belum baik, maka orang Indonesia menjadi materialistis dan kolektivis. Ini menjelaskan mengapa sosmed rame orang berjualan.

3.Mengapa orang Indonesia tidak maju?
Lebih tepatnya untuk menjadi maju butuh usaha yang sangat berat. Orang yang berusaha maju, mungkin akan berhenti disatu titik dimana dia dihadapkan pada dua pilihan. Pilihan pertama adalah idealis yang mungkin tetap berat, sementara pilihan kedua adalah adapt/adjust dengan situasi di Indonesia.

Contoh 1, dengan kemacetan Jakarta, orang yang beradaptasi akan memilih menggunakan mobil sedan yang nyaman dengan supir. Padahal ini bukan solusi yang ideal. Orang yang idealis akan memilih menggunakan transportasi umum.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Mei 29, 2017 pada 10:41 am

Ditulis dalam Society

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: