Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Asia Tenggara, Cermin Dunia

leave a comment »

Kalau kita melihat sejarah wilayah Asia Tenggara, kita bisa melihat cerminan sejarah dunia di wilayah ini. Wilayah Asia Tenggara sendiri memiliki pattern yang sama dalam perkembangannya.

Contoh pertama adalah Kamboja, dengan kerajaan terbesarnya Khmer dan peninggalannya Angkor Wat. Khmer ini tadinya kerajaan Hindu yang kemudian berubah menjadi kerajaan Budha di abad 12 untuk selanjutnya runtuh (decline) di abad 14/15. Keruntuhan ini selain disebabkan oleh kekeringan (ecological), ekonominya yang berbasis agraris tidak mampu bersaing. Khmer kemudian dikalahkan oleh kerajaan Thailand (Ayutthaya).

Dengan rumus yang sama, ini juga terjadi dengan keruntuhan Borobudur (Syailendra) dan raja-raja di tanah subur di pulau jawa yang disebabkan oleh letusan gunung berapi (ecological). Termasuk dengan nasib tragis munculnya perbudakan paska Khmer dan paska raja-raja jawa (pasokan budak).

Kalau ceritanya diambil dari sudut pandang European Colonisation, cerita yang terjadi di wilayah Asia Tenggara juga hampir sama. Ada Manila yang menjadi bagian dari Spanish East Indies (1565-1901), Jakarta yang menjadi bagian dari Dutch East Indies (1816-1949), Ada Malacca yang menjadi bagian dari Portuguese (1511-1641), Dutch (1641-1825), British (1874-1946).

Malaysia lebih beruntung dari Indonesia -bukan karena dijajah Inggris sebagaimana mitos yang diyakini kebanyakan orang Indonesia. Malaysia lebih beruntung salah satunya karena struktur kerajaan di Malaysia pada era abad 19, Federated Malaysian State (FMS) yang lebih efektif daripada Perang Jawa 1825 dan Perang Padri 1825.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Mei 30, 2017 pada 12:01 pm

Ditulis dalam Society

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: