Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Jurusan cepat dapat kerja

leave a comment »

Dari data Forlap Dikti, jumlah mahasiswa di Indonesia sekitar 5.03 juta. Dari jumlah itu, saya cukup terkejut mengetahui bahwa menjadi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan merupakan jurusan yang paling diminati mahasiswa di Indonesia. Tenaga pendidik atau guru, identik dengan kemudahan mendapatkan pekerjaan dan tunjangan yang baik. Sementara, tenaga kesehatan, identik dengan juga kemudahan mendapatkan pekerjaan -banyak orang yang sakit dan identik dengan kemuliaan -sama seperti guru tadi.

Menjadi tenaga pendidik atau kesehatan bukanlah hal yang buruk, namun dari sudut pandang industrialisasi kedua profesi ini tidak memberikan kontribusi secara langsung dibandingkan mereka yang bergerak di bidang industri/teknik.

Memajukan pendidikan teknik bukanlah pekerjaan mudah. Pemerintah harus bekerja sama dengan industri untuk memastikan bahwa lulusan universitas terserap di Industri.

Dari jumlah mahasiswa tersebut 42% adalah mahasiswa sosial, 23% mahasiswa pendidikan, 10% mahasiswa kesehatan, Teknik+MIPA 20% dan sekitar 4% mahasiwa pertanian.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Mei 31, 2017 pada 2:44 pm

Ditulis dalam Career

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: