Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Skripsi Indonesia tidak kalah, kenapa tidak ada yang mau jadi peneliti?

leave a comment »

Hari ini membaca beberapa hasil penelitian ekonomi seperti “Pengaruh Corporate Governance pada kinerja perusahaan” Sabrinna 2010 Akun Undip. “Pengaruh Corporate Governance pada kinerja keuangan” Ningsih 2015 Akun UMY. Dari dua skripsi mahasiswa ekonomi ini saya menyimpulkan bahwa penggunaan metode quantitative (SPSS) merupakan metode penelitian utama yang digunakan mahasiswa S1.

Buat saya ini menarik, artinya kemampuan mahasiswa S1 ini sangat lengkap. Mulai dari kemampuan praktis seperti auditing, financial reporting, budgeting dan sejenisnya yang praktis digunakan perusahaan. Hingga pengetahuan riset dengan menggunakan SPSS. Artinya sebenarnya kualitas pendidikan kita sangat bagus.

Dan secara umum di fakultas lain seperti Pendidikan, juga menerapkan teknik penelitian yang tidak kalah berkualitasnya. Misalnya, “Hubungan lingkungan pendidikan dengan prestasi belajar” Kristianto 2012 Pendidikan UNY.

Bagaimana dengan jurusan sosial?
Beberapa yang saya lihat seperti Yunus 2011 Sosiologi Unhas, sudah menggunakan teori terbaru dan referensi terbaru mengenai migrasi penduduk. Begitu juga Mahmud 2013, dengan teori, referensi dan contoh kasus. Skripsi dalam bidang sosial lainnya seperti Rahardjo 2012 Ilmu Pemerintahan UMY, juga sudah menggunakan pendekatan ilmiah yang tepat. Atau Shauma 2014 Ilmu Komunikasi UPN juga sudah sesuai.

Kondisi ini buat saya mengherankan. Mengapa dengan kemampuan mahasiswa S1 Indonesia yang sangat baik. Saya yakin mahasiswa tersebut selain menguasai ilmu penelitian, juga menguasai ilmu praktis yang dibutuhkan didunia kerja. Seperti mahasiswa komunikasi bisa bicara dengan baik, bisa menulis dengan baik, tapi juga bisa meneliti mengenai adopsi teknologi dengan baik.

Anehnya, kenapa yang mau menjadi peneliti sangat sedikit?

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Juni 2, 2017 pada 3:12 pm

Ditulis dalam Career

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: