Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Kenapa universitasmu “gak ngangkat”

leave a comment »

Saya sedang mempelajari kurikulum dari jurusan paling populer di Indonesia. Dua jurusan ini adalah akuntansi dan komputer. Jurusan ini merupakan jurusan support yang persentase rekrutmennya paling banyak di bursa lowongan kerja.

Jurusan akuntansi misalnya, dalam kurikulumnya dilengkapi dengan mata kuliah akuntansi, auditing, tax, finance. Artinya lulusan dari akuntansi ini bisa mengisi sebagian besar fungsi office support di sebuah perusahaan.

Begitu juga dengan jurusan komputer, jurusan komputer ini bisa mengisi seluruh divisi IT di Bank yang punya profil pekerja sangat beragam, dari pemrograman web, database hingga jaringan komputer.

Kalau saya perhatikan, rata-rata kemampuan praktis yang dipelajari di universitas, hanya dipelajari dalam hitungan 6 bulan saja. Itupun biasanya pada tahun kedua atau tahun ketiga kuliah. Artinya, tidak salah jika perusahaan menganggap bahwa fresh graduate itu tidak punya kemampuan teknis sama sekali.

Freshgraduate yang paling rajin kuliah, rajin coding pun bisa dipastikan kalah dengan orang yang berpengalaman 2 tahun bekerja. Saya sering bertemu anak muda yang baru bekerja selama 2 tahun dari universitas “tidak terdengar”, yang punya kinerja lebih baik daripada yang baru lulus. Atau bertemu dengan anak muda yang sangat pintar, tapi tidak pernah mendengar jenis bisnis perusahaan saya sama sekali. Padahal anak muda ini terlihat sangat berbakat (rapih, pinter ngomong) -yang akhirnya tentu saja direkrut, daripada anak muda yang nanggung.

Sejenak saya menyimpulkan bahwa pendidikan di universitas itu “gak ngangkat” sama sekali. Saya cukup yakin bahwa Andi yang lulusan PT A, tidak ada bedanya dengan Budi yang lulusan PT B.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Juni 3, 2017 pada 10:53 am

Ditulis dalam Career

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: