Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Bisnis Pendidikan vs Bisnis Penelitian: Sepakbola

leave a comment »

Di Indonesia, dosen menurut UU 12 2012 (PT) atau menurut UU 14 2005 (Guru Dosen) adalah Pendidik dan Ilmuwan. Artinya ada dua bidang bisnis dimana seorang dosen berada. Bisnis penelitian dan bisnis pendidikan. Sementara guru hanyalah pendidik yang tidak berkewajiban penelitian.

Bisnis Pendidikan dan Penelitian adalah “Highly regulated industry” sama seperti perbankan. Bisnis perbankan dengan UU 10 1998 membagi dengan sangat ketat definisi bank (menghimpun dana masyarakat) padahal jenis bisnisnya sama, bisa dibagi hingga menjadi belasan definisi (e.g bank, bpr, ksp, bmt dkk)

Bisnis Pendidikan bisa diduplikasi, namun bisnis penelitian tidak mudah diduplikasi. Contoh sederhana, UGM untuk peringkat subject engineering citation tertinggi UGM hanya sekitar 100 sementara York mencapai 1000, untuk subyek yang lain seperti lingkungan pun hampir sama. Tingkat citation UGM hanya sekitar 10%-nya saja. Padahal, UGM salah satu universitas tertua dan terbesar di Indonesia.

Fenomena ketertinggalan bisnis tidak hanya terjadi di dunia penelitian, tapi juga di dunia sepakbola, yang diulas dengan sangat bagus oleh penulisnya. Kira-kira kutipannya sbb:

“…Indonesia seharusnya mengikuti transformasi ekonomi secara bertahap, (bila tidak jurang antara si kaya dan si miskin menjadi semakin lebar dan dalam) untuk itu yang menjadi fokus seharusnya Pertanian. Saat ini Indonesia masuk ke de-industrialisasi padahal sarjana hanya 4% populasi…”

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Juni 4, 2017 pada 7:06 pm

Ditulis dalam Career

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: