Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Bisnis

leave a comment »

Dulu, cita-cita saya, dan cita-cita banyak anak muda adalah menjadi pengusaha (pebisnis) sukses. Kemudian, sepanjang perjalanan saya tahu bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis. Faktor ini bisa merupakan faktor utama maupun faktor pendukung.

Faktor utama seperti modal (finance), brand (marketing), manajemen, hingga strategy (timing, networking). Semua faktor yang mempengaruhi kesuksesan bisnis ini bisa dipelajari secara formal lewat sekolah bisnis (MBA/S1 Bisnis) atau dalam istilah lain adalah sekolah manajemen (MM/S1 Manajemen).

Ada juga faktor pendukung yang sifatnya lebih teknis seperti akuntansi, TI dan HR.

Yang membuat saya bingung adalah mengapa sekolah yang mempelajari faktor utama bisnis peringkatnya lebih rendah dibanding sekolah yang mempelajari faktor pendukung bisnis. Contoh paling mudah adalah kenapa jurusan manajemen peringkatnya lebih rendah dibandingkan jurusan akuntansi? Bukankah jurusan manajemen mempelajari faktor utama bisnis? sementara akuntansi hanya faktor pendukung?

Artinya? sekolah akuntansi lebih berguna dibandingkan sekolah manajemen.

Contoh lain adalah kenapa lebih banyak praktisi bisnis yang datang dari lulusan akuntansi? dibandingkan yang dari lulusan manajemen?

Artinya? sekolah akuntansi lebih bisa diterapkan ilmunya dibandingkan sekolah manajemen.

Di bidang sekolah bisnis sendiri ada beberapa kelompok studi seperti manajemen, pemasaran, keuangan dan strategy. Kalau di Deloitte dibagi menjadi 3 group HC, Operation/Strategy dan Technology. Di MM UI dibagi menjadi 5 group: Finance, Marketing, SDM, Operation, General. Di MM UI keuangan dibagi lagi menjadi Syariah, Risk, Capital Market, Aktuarita.

Kalau menurut saya konsentrasi di sekolah manajemen ini sebenarnya tetap mengacu pada sekolah jurusan support tadi: IT, Akuntansi dan HR.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Juni 4, 2017 pada 8:09 am

Ditulis dalam Career

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: