Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Membaca masa depan

leave a comment »

Kalau saya bisa kembali ke masa lalu dan membaca masa depan, apa yang terjadi saat ini. Maka sebenarnya ada 2 hal yang bisa saya lakukan: Lebih bersungguh-sungguh (persistence/kerja keras), lebih tidak melewatkan kesempatan (opportunistic/keberuntungan). Namun dari dua hal tersebut, saya rasa faktor keberuntungan lebih besar peranannya dibandingkan faktor kerja keras. Kira – kira kalau saya kembali ke masa lalu, ini yang akan saya lakukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang saya lakukan.

1.Memilih kuliah di kota besar, umur 18 (Opportunity)
Kuliah di kota besar seperti Bandung atau Jakarta akan membuka kesempatan kerja lebih besar dibandingkan di daerah seperti Jogjakarta. Waktu itu pertimbangan saya memilih Jogja karena biaya yang lebih murah, Jogja waktu itu biaya kuliah hanya 250rb/semester sementara Jakarta pada waktu itu sudah mencapai 1jt/semester. Kalau lihat angkanya sekarang, perbedaan 100rb setiap bulan tidaklah signifikan.

2.Mendalami satu bidang secara tekun, umur 20 (Persistence)

3.Memilih bekerja di perusahaan besar, umur 22 (Opportunity)
Waktu itu gaji di Pertamina sekitar 2 jt sementara gaji di Unilever bisa mencapai 4 jt. Waktu itu perbedaan gaji terasa sangat besar. Namun seiring berjalannya waktu, terbukti gaji di Pertamina lebih besar, seiring dengan naiknya pangkat/jabatan. Di perusahaan besar, posisi yang tersedia relatif lebih banyak. Peningkatan karir di perusahaan besar lebih terbuka peluangnya.

4.Melanjutkan sekolah S2, umur 26 (Persistence)

5.Pindah ke perusahaan yang lebih besar, umur 30 (Opportunity)

Siklus “kerja keras” dan siklus “keberuntungan” ini akan terus terjadi, pelajarannya adalah jangan pernah menyerah, selalu bersungguh-sungguh dan jangan pernah menyepelekan sebuah peluang apapun.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Juni 4, 2017 pada 8:55 am

Ditulis dalam Career

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: