Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Mengapa belajar sosiologi?

leave a comment »

Sebagai orang terapan (applied), namanya fungsi sekolah adalah belajar hal teknis. Kalau anak komputer, fungsi sekolah adalah untuk bisa membuat aplikasi, bisa menyalakan dan mematikan server, bisa memperbaiki, membangun sebuah sistem komputer. Kalau anak akuntansi, fungsi sekolah adalah untuk bisa membuat jurnal, membuat, memeriksa dan menganalisa laporan keuangan. Kalau anak komunikasi, fungsi sekolah adalah bisa membuat press release, menulis laporan situasi yang bagus.

Namun, tidak semua sekolah untuk belajar hal teknis. Tidak semua sekolah berfungsi untuk menyiapkan muridnya agar dapat bekerja, agar dapat diterima dimasyarakat secara praktis. Praktis dalam hal setelah lulus sekolah bisa langsung bekerja di perusahaan.

Didunia ini, ada fungsi sekolah yang bukan menerapkan sesuatu, bukan mempraktekkan sesuatu. Ada lagi fungsi sekolah yang bertujuan untuk mencari ilmu pengetahuan atau fungsi sekolah adalah bisa meneliti. Artinya, sekolah tidak lagi bertujuan agar orang bisa mendapatkan pekerjaan, tapi sekolah berfungsi agar seseorang bisa memecahkan persoalan.

Untuk memecahkan persoalan ini kita butuh ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang dibutuhkan ini secara praktis saja yang terlihat kasat mata (positivism) ref. Contoh yang kasat mata adalah ilmu bisnis. Ilmu bisnis ini kasat mata. Faktor-faktornya bisa terlihat, contohnya, jumlah pelanggan yang puas, harga, tanggapan pelanggan dan seterusnya.

Namun ada beberapa persoalanya yang tidak kasat mata, persoalan yang sangat kompleks. Contohnya adalah kemasyarakatan (society) yang bisa dalam konteks nation, religion, tribe (social action/actor) atau dalam konteks kerjasama, konflik (social order) atau dalam konteks perubahan (social change)

Dari kacamata sociology, apa yang dihadapi oleh bisnis itu sangat sederhana.

How can economic sociology help business relationship management? (Tibor Mandják, 2009) ref

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Juni 4, 2017 pada 3:39 pm

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: