Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Quadrant

leave a comment »

Quadrant adalah alat bantu untuk menentukan dua pilihan, contohnya antara market share (penguasaan) dan market growth (pertumbuhan).

Contoh Apple pada tahun 2007, Growth-Share Matrixnya sebagai berikut:
– Cashcow: Ipod (share 73%, margin 8%, 48% revenue, growth slow)
– Star: Iphone (share 16%, growth high)
– Dog: Mac (share 4%)
Tapi Matrix ini berubah ditahun 2012an dimana Cashcownya menjadi Iphone.

Atau cashflow quadrant mengenai investor, employee, professional, business owner.

Saya menemukan konsepnya yang sama untuk mining industry yang mau memanfaatkan renewable, misalnya:

  • Pakai Renewable untuk sendiri, dilingkungan sendiri (self consumption)
  • Pakai Renewable untuk orang lain, dilingkungan sendiri (CSR)
  • Pakai Renewable untuk sendiri, ditempat lain (divisi/anak perusahaan listrik)
  • Pakai Renewable untuk orang lain, ditempat lain (utilities)

Konsep quadrant sebenarnya lemah. Kalau semuanya positif, Orang tentunya mau agar share-nya besar, growthnya besar kalau merujuk Growth-Share Matrix.

Kalau berupa pilihan, maka orang mau semuanya, e.g cashflow quadrant, orang mau sebagai investor, business owner dan professional.

Catatan:
Offshore vs Onshore: Lepas Pantai (Diatas Laut) vs Diatas Tanah
Offroad vs Onroad: Jalan jelek vs Jalan bagus
Offmine vs Onmine: Diluar tambang
Offgrid vs Ongrid: Diluar jaringan

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Juni 13, 2017 pada 1:15 pm

Ditulis dalam Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: