Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Tiga cara membuktikan

leave a comment »

S3 artinya punya tiga cara untuk melakukan sesuatu, kalau S3-nya TI maka di harus bisa membuat sebuah sistem informasi pada tiga bidang, misalnya sistem informasi keuangan, sistem informasi HRD dan sistem informasi logistik. Tapi, rasanya jarang sekali S3 yang seperti ini, tiga cara ini biasanya lebih spesifik, lebih sering berupa tiga bagian.

Jadi kalau S3-nya IT maka tetap membuat sistem informasi, namun difokuskan pada area model database-nya, algoritma reasoningnya dan penggunaannya (e.g SI keuangan). Tapi sekali lagi, ini pun termasuk jarang. Biasanya S3 akan masuk ke area yang lebih spesifik lagi.

Jadi kalau S3-nya IT maka akan masuk ke Description Logic (untuk modelnya), Inductive Logic Programming (untuk reasoningnya) dan area implementasinya (misal recommender system). Dan di S3 yang dibahas tidak lagi tiga cara melakukan, tapi tiga cara untuk membuktikan. Spesifik sekali.

Di environment, kurang lebih sama. Bisa saja S3 dalam Environment modelling, maka 3 caranya adalah metode emission modellingnya misalnya dengan AIM, ASF, Message. Kalau Energy modelling maka 3 caranya adalah Powerplan, LEAP, Markal. Ini 3 cara yang horizontal.

Tiga cara tidak mesti horizontal, bisa juga vertical. Misalnya, Emission inventorynya ke IPCC (semacam knowledge modellingnya), kemudian energy modellingnya dengan MARKAL, dan terakhir Scenario analysisnya dengan IEA (merefer).

Tiga cara yang sama ini juga bisa diterjemahkan dengan berbeda. Misalnya, Emission inventory itu dianggap sebagai impact ATAU sebagai understanding energy systemnya saja. Kemudian Energy Modelling bisa dianggap sebagai impact ATAU sebagai how to represent energy system. Untuk scenario yang kita pilih, bisa dianggap sebagai given ATAU sesuatu yang harus dicari.

Lalu dimana faktor pusingnya? karena ini tidak ada batasnya. Misal

PhD 1 Energy Modelling: Energy Emission Inventory – Energy Scenario – Energy Model
PhD 2 Emission Modelling: Transportation Emission Inventory – Transportation Scenario – Transportation Model
PhD 3 Emission Design Modelling: Vechicle Pattern – Vechile Parameter – (Activity Structure emission Factor/ASF Activity Structure Intensity Fuel/ASIF)

Modelling energy transition: scenario analysis and their implications

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Juli 17, 2017 pada 5:57 pm

Ditulis dalam Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: