Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Delayed Gratification

leave a comment »

Insentif (reward) tidak selalu efektif, Indonesia misalnya, memberikan reward pemenang medali emas olimpiade sebesar £289,000 dan peringkat Indonesia di olimpiade 2016 ada di peringkat 46 dengan perolehan 1 emas. Amerika serikat, memberikan reward sebesar £18,000 dan berada diperingkat 1 dengan perolehan 46 emas. Tapi, UK dengan peringkat 2 dengan perolehan 27 emas memberikan reward sebesar £0.

Contoh lain publikasi jurnal, China misalnya memberikan $2 million untuk sebuah jurnal yang diterbitkan di Cell. Angka ini tentunya menimbulkan kontroversi yang pada akhirnya diklarifikasi bahwa insentif yang diberikan hanya £75,000 yang dibagi pada 27 orang atau sekitar $2,700. Tapi diluar cerita $2 million tersebut, angka $75,000 per jurnal adalah angka yang wajar untuk diberikan per jurnal yang dimuat di Cell, Science atau Nature.

Praktek pemberian insentif, reward, subsidies ini terjadi dimana-mana dan disegala sektor. Hasilnya? tidak efektif untuk jangka panjang, tapi hari ini, siapa yang berpikir jangka panjang?

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Juli 19, 2017 pada 11:22 am

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: