Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Kesehatan Jiwa (mental health)

leave a comment »

Kalau ada seorang orang yang mengeluh stress (too much pressure) atau anxiety (cemas, nervous) atau depresi (mental disorder) karena kehilangan pekerjaan, maka orang tersebut bisa dikatakan memiliki gangguan mental (jiwa). Kalau dalam pandangan orang beragama diatas jiwa adalagi konsep mengenai soul (ruh), atau batas yang agak tipis misalnya batin atau hati yang mirip-mirip penggunaannya. Contoh hati saya sakit, batin saya sakit, jiwa saya sakit.

Penyakit jiwa ini, kalau dari kecil bisa dikatakan disebabkan neurodevelopmentnya bermasalah misalnya autism dan spektrumnya. Namun, ada juga penyakit jiwa yang baru muncul ketika dewasa. Misalnya, baru umur 25 tahun bipolar biasanya muncul -sejalan dengan quarter life crisis. Penyakit jiwa ini juga berkembang dengan sangat kompleks. Misal mengakibatkan personality disorder (gangguan kepribadian)

Gangguan jiwa (mental disorder) aka Penyakit jiwa (mental illness) adalah perilaku (behavioral) or mental pattern that may cause suffering or a poor ability to function in life

Seorang anak biasanya akan percaya (trust) dengan orang tuanya. Seorang yang berpikir rasional belum tentu percaya dengan orang tuanya. Kenapa? karena percaya adalah kondisi emosi seseorang.

*Emotion is any conscious experience characterized by intense mental activity and a high degree of pleasure or displeasure. There is no consensus on emotion definition.

Menurut data WHO (2016), terdapat sekitar 35 juta orang terkena depresi, 60 juta orang terkena bipolar, 21 juta terkena skizofrenia, serta 47,5 juta terkena demensia.

Read:
WHO Global Burden Database (GBD)
WHO Global Mental Health

ref, ref

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Juli 23, 2017 pada 7:53 pm

Ditulis dalam Science

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: