Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Hidup dalam ketakutan

leave a comment »

Ketakutan terbesar saya di Jakarta adalah mengenai pekerjaan dikantor (proyek based), apakah akan ada proyek, kalaupun ada proyek apakah proyek ini bisa dimenangkan, kalau dimenangkan apakah proyek ini bisa diselesaikan, kalau bisa diselesaikan apakah proyek ini akan dicatat sebagai kpi, kalau dicatat kpi apakah akan membuat saya promosi, kalau saya promosi, apakah saya akan punya tim untuk mengerjakannya, kalau saya punya tim untuk mengerjakannya apakah saya masih membidangi services yang sama, kalau saya diservices yang sama apakah trend akan berubah, dan seterusnya.

Pagi-pagi bangun, itu yang saya rasakan. List ini bisa bertambah panjang, seperti apakah tim saya mendukung, apakah bos saya mendukung, apakah saingan internal saya ngajak ribut, apakah klien bisa menerima, apakah tim tidak membuat blunder internal. Rasa takut ini terus konstan menghantui, dari sepeda motor yang saya nyalakan, macet, cuaca, polisi, ban bocor dan seterusnya seakan tidak habis.

Di sini, ketakutan itu pun rasanya tidak akan habis. Anak yang terlambat bangun, anak yang terlambat makan, anak yang bertengkar, anak yang bosan, anak yang tidak mau tidur, dan seterusnya seakan tidak ada habisnya. Anak sekolah harus memikirkan cara antar jemputnya, anak liburan harus memikirkan cara mengisi waktu liburannya. Tidak mau berpikir mengisi waktu liburan, maka masalahnya akan bertambah besar.

Kalau masalah fisik, saya punya solusi yang rasanya bermanfaat, yaitu berolahraga secara teratur. Dan ini harus dipaksakan, apapun kondisinya agar tetap rutin berolahraga.

Mungkin ketakutan juga sama, harus dipaksakan untuk punya rutinitas yang konstan, untuk waktu makan, waktu tidur. Aturan-aturan yang sederhana. Dan ini juga termasuk menulis. Semoga ya.

Written by Anjar Priandoyo

Juli 26, 2017 pada 6:54 am

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

