Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Saintis

with one comment

Dunia industri dan dunia akademik itu sangat berbeda. Contoh mengenai inovasi, di industri inovasi adalah sebuah hal yang baru, bisa berupa cara kerja yang baru (e.g pemesanan di tiket vs pemesanan online), bisa berupa produk yang baru (e.g berbahan plastik vs kertas). Masing-masing pelaku industri ingin menghasilkan produk yang paling baru (inovatif), siapa yang lebih dulu maka akan berhasil. Sementara, bagi pelaku akademik, masing-masing justru ingin menemukan cara yang paling baru untuk menghasilkan sesuatu yang baru.

Dunia industri seringkali memberikan kesan yang salah mengenai inovasi. Paling mudah menyebut pakar inovasi, orang industri mungkin akan menyebut nama Michael Porter atau Steve Jobs. Sementara orang akademik akan menyebut nama orang tahun 1900an Schumpeter atau Everett Rogers tahun 1950-an.

Ini juga berlaku pada terminologi yang lain, semisal scenario analysis. Sekilas scenario analysis ini merupakan sebuah konsep dibawah skenario planning, dimana merupakan bagian dari strategic planning. Seringkali juga yang digunakan sebagai referensi adalah saat perang dunia II atau saat Shell Scenario 1970-an. Padahal, scenario analysis lebih tepatnya merupakan alat milik orang Ilmu Lingkungan, dengan karya besarnya adalah IPCC Emission Scenario. Scenario analysis ini juga sudah lebih lama dipakai di EEA/EU dan berbagai organisasi lingkungan/energi/sustainability lainnya. Jadi, study mengenai scenario analysis harus dimulai dari EEA/EU karena itu starting yang paling tepat (IPCC tidak bisa dijadikan dasar, karena bukan organisasi ilmiah).

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Juli 29, 2017 pada 2:29 pm

Ditulis dalam Life

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. kang minta nomor whatsappnya saya ada perlu nuhun

    endang

    Agustus 3, 2017 at 8:00 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: