Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Rumpun Dikti

leave a comment »

Waktu kuliah dahulu, menjelang kelulusan, saya sangat galau menentukan dimana nanti saya harus bekerja. Setelah melakukan riset secara mendalam, ketemu banyak orang dan berbagai analisa SWOT, saya memutuskan paling tidak ada 3 jalur pekerjaan, berdasarkan skala prioritas yang bisa saya ambil.

  • Banting-Setir, menjadi Management Trainee, termasuk ODP, MDP, GDP, PCPM dan program sejenisnya. Ini juga menarik, baik BUMN atau Multinasional, sudah banyak cerita sukses dari program ini
  • Banci, Menjadi ABAPer, Functional atau SAP Basis lainnya. Ini pilihan yang menarik, sudah ada senior yang cukup sukses, sudah banyak cerita mengenai bagaimana mantan tim implementasi SAP mendapatkan posisi yang lebih tinggi paska implementasi.
  • Back-to-Basic, menjadi engineer, programmer dan segala yang berhubungan teknis dengan latar belakang pendidikan.

Saya rasa peringkat ini berlaku bagi orang IT secara umum, rata-rata ingin banting setir dari bidang aslinya, tapi tetap dalam koridor gaji yang besar. Kenyataannya? tidak seindah apa yang kita rencanakan. Buat saya sendiri misalnya, saya gagal mendapatkan kesempatan dalam jalur banting-setir dan jalur banci. Kenyataannya yang paling mudah didapatkan adalah jalur yang back-to-basic mengandalkan latar belakang pendidikan saya.

Buat beberapa teman yang lebih beruntung dari saya, meski mendapatkan kesempatan banting setir, semisal lewat program management trainee. Cukup banyak yang memutuskan untuk kembali ke jalur back-to-basic, mulai dari pertimbangan gaji yang relatif lebih kecil, risiko ditempatkan diluar kota, hingga risiko mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai. Misal, cita-citanya menjadi program MT dalam bidang sales, kenyataannya ditempatkan program MT dalam bidang IT, atau malah tidak terkait sama sekali misalnya bidang inventory.

Singkat kata, hampir 15 tahun kemudian, saya kembali bimbang. Paling tidak ada beberapa pilihan yang bisa saya ambil setelah selesai nanti. Dan pilihan yang tersedia sebenarnya sama persis dengan apa yang bisa saya pilih: Banting-setir, banci atau back-to-basic.

Ilmu Manajemen (570)
S3 Manajemen Industri (576)
S2 Manajemen Industri (576)
S1 –

Bidang Ilmu Keteknikan Industri (430),
S3 Teknik Energi (433)
S2 Bidang Keteknikan Industri Lain Yang Belum Tercantum (446)
S1 –

Bidang Teknik Sipil dan Perencanaan Tata Ruang (420)
S3 Teknik Lingkungan (422)
S2 Bidang Teknik Sipil Lain Yang Belum Tercantum (429)
S1 –

Bidang Teknik Elektro dan Informatika (450)
S3 Teknik Tenaga Elektrik (452)
S2 Bidang Teknik Elektro dan Informatika Lain Yang Belum Tercantum (469)
S1 Ilmu Komputer (459)

Written by Anjar Priandoyo

Agustus 7, 2017 pada 7:08 pm

Ditulis dalam Science

Tagged with

Tinggalkan Balasan

