Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Mengenal depresi

leave a comment »

Beberapa hari ini banyak berita mengenai depresi, Kasus 1: Serda Wira Sinaga (11 Aug 2017) yang konon sejak tahun 2014 sudah terindikasikan depresi, dan menjadi headline karena memukul polisi. Kasus 2: Mahasiswa LN yang konon sejak S1 tahun 2008 menderita depresi dan menjadi headline karena perilaku extrovert-nya. Baik kasus-1 dan kasus-2, sama-sama berusia sekitar 27 tahun, dan sudah terindikasi depresi sejak umur 20-an.

Apa penyebab depresi sangat kompleks, sehingga bisa juga mengatakan bahwa penyebab depresi tidak diketahui secara pasti. Jadi kasus 1 yang anggota TNI di perbatasan, bukanlah penyebab depresi, toh bertahun-tahun ribuan tentara dikirim ke perbatasan sehat-sehat saja. Kasus 2 yang mahasiswa luar negeri juga bukan penyebab depresi dengan asalan yang sama.

Secara ilmiah pun mengacu pada DSM-IV, medis hanya bicara mengenai klasifikasinya simptomnya (DSM describes symptoms and does not discuss the causes of the disorders ref). Mengurangi dampak depresi pun sangat kompleks, bisa lewat medis dengan obat penenang, bisa juga dengan menghilangkan stressornya. Misalnya, TNI yang ditugaskan di perbatasan, bisa disuruh pulang. Namun apakah benar-benar sembuh (normal) tidak diketahui.

Intinya, kalau ada kampanye mental health awareness itu lebih untuk mengurangi risikonya saja. Bukan untuk mencegah, menyembuhkan atau mengurangi. Intinya depresi tidak ada obatnya. Lha wong flu dan asma saja tidak ada obatnya.

Catatan:
Hana Alfikih, ref bbc
Bipolar disorder, usual onset 25 years old

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

Agustus 13, 2017 pada 8:33 pm

Ditulis dalam Science

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: