Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

TIL Basic Concept

leave a comment »

Lebih baik mengaku tidak tahu sekarang, daripada terlambat. Ternyata banyak sekali concept basic yang saya miss.

1.Ozone Gas berbeda dengan Ozone Layer ref
Ternyata, Ozone (O3) ini bukanlah sekedar lapisan (layer) atmosphere. Ozone adalah “inorganic molekul” yang terdiri dari 3 atom oksigen. Ozone adalah salah satu bentuk oksigen, selain dalam bentuk O2. Sementara Ozone sebagai sebuah layer bisa berarti buruk (Ground Level Ozone (Tropospheric)) dan berarti baik Stratospheric Layer Ozone.

2.Ozone Hole berbeda dengan Global Warming ref
Ozone Depletion (Ozone Hole) itu merupakan isu tahun 80-an. Untuk menanggulanginya diadakan Montreal Protocol (1987). Penyebabnya CFCs, akibatnya Ozone berlubang dan menyebabkan sinar UV meningkat, yang dampak kesehatannya seperti kanker kulit. CFC membahayakan Ozone karena bertindak sebagai katalis dalam proses Photodissociation (photolysis, photodecomposition) dimana sebuah compound dibreakdown oleh Photons (dari O3 menjadi O2). Ozone hole ini terjadinya di Stratosphere.

Global Warming merupakan isu tahun 90-an, untuk menanggulanginya diadakan Kyoto Protocal (1997). Isu global warming sebenarnya lebih powerful (dan complicated) dibandingkan Ozone Depletion. Global Warming terjadi di Surface Temperature (jadi rendah sekali posisinya). Akibat global warming lebih abstrak e.g Extreme Weather, Sea level rise.

3.CO berbeda dengan CO2 ref
Ini sudah berkali-kali dibahas, tapi lebih sering lupa. CO itu polusi udara, CO itu berteman dengan Ozone, Lead, PM, CO, NO2 dan SO2. Mereka berteman dalam gang Air Pollution (Gang 6). Sementara CO2 itu temannya adalah CH4, N2O dan CFCs dalam Gang GHG (Gang 4). Jadi ini konsep yang sama sekali berbeda. Ini harus dibatasi, dalam konteks polusi udara atau dalam konteks GHG. Kalau ditarik dalam framing SLCP/LLCP juga akan berbeda lagi dibandingkan AP/GHG.

Iklan

Written by Anjar Priandoyo

September 6, 2017 pada 1:36 pm

Ditulis dalam Science

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: