Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Syukur

leave a comment »

Mari mulai dengan apa yang paling penting dalam hidup ini. Menurut saya, hal yang paling penting dalam hidup ini adalah waktu tidur yang cukup. Idealnya? jam 10 malam hingga jam empat pagi atau sekitar enam jam, ini adalah waktu tidur nett, yang mana waktu tidur gross adalah dari jam 9 malam hingga jam 5 pagi. Waktu yang sama seperti waktu orang bekerja, delapan jam sehari. Angka ajaib yang entah dari aman orang menemukannya.

Delapan jam sehari untuk bekerja, delapan jam sehari untuk tidur. Empat jam untuk berangkat menuju tempat kerja, empat jam untuk bermain. Untuk weekend praktis waktu bekerja sebenarnya adalah waktu untuk keluarga. Orang yang bisa menulis, menonton, olahraga secara teratur setiap hari adalah manusia super. Sama seperti seorang karyawan yang bisa membagi tiga waktunya untuk bekerja, bersertifikasi dan berkarya ilmiah. Dibutuhkan fokus yang sangat baik dan konsistensi tingkat dewa untuk bisa menyelesaikan semua hal ini.

Bagi saya, seminggu ini saya merasakan saya mendapatkan kekuatan baru. Meski tidak banyak, tapi saya bisa menyelesaikan lari rutin selama 6 hari dalam seminggu untuk pertama kalinya selama hampir 6 bulan di Indonesia. Ajaib memang, bahwa ternyata saya masih bisa melakukannya, dan yang paling penting, sesuai prediksi saya bahwa selayaknya titian tangga, tahapan ini baru bisa tercapai setelah saya memenuhi kebutuhan-kebutuhan mendasar layaknya piramida Maslow.

Pertama, orang harus mempunyai pekerjaan, kedua harus memiliki skill kompetensi yang unik, ketiga harus mempunya value yang jarang dimiliki oleh orang lain. Setelah semua tahapan itu tercapai, kotak pandora seakan terbuka, rezeki seakan mudah mencair, economic of scale, segala teori keuangan baru bisa terpakai untuk menjelaskan sesuatu yang terjadi -yang ironisnya teori ini tidak bisa dipakai dua arah untuk mencapai satu tujuan.

Satu-satunya ilmu yang saya pakai adalah berani mengambil keputusan yang sulit, melakukan segala sesuatu dengan cepat -dengan asumsi kalaupun salah bisa segera diperbaiki, dan yang ketiga untuk mengerjakan apapun seefisien mungkin. Lightweight, agile operation istilahnya sekarang.

Kalau teori ini berhasil, maka yang perlu saya lakukan sekarang adalah segera beristirahat. Menenangkan pikiran. Semudah itu memang.

Written by Anjar Priandoyo

Januari 12, 2020 pada 1:03 pm

Ditulis dalam Life

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: