Organization – Homo Homini Lupus
Beberapa hari yang lalu, saat wawancara, saya mendapatkan pertanyaan sederhana:
1.Apa yang kamu lakukan jika banyak karyawan datang terlambat kerja?
Jawaban yang diberikan ternyata beragam, pada umumnya “better management is better/more control”.
– Potong gaji (punishment), beri penghargaan (reward) bagi yang datang tepat waktu. (management/rules/process) (zero cost, increase stress), hire consultant 50 juta (capex)
– Bikin sistem absensi (technology). Misalnya biayanya 100 juta (capex)
– Rekrut satpam untuk mengawasi karyawan, rekrut petugas resepsionis (management/resources). Misalnya gajinya 10 juta per bulan (opex)
Padahal dari pertanyaan ini ada beberapa hal besar yang tidak semuanya terjawab misalnya, mengapa karyawan terlambat. Apakah karena mereka tidak termotivasi? kalau tidak termotivasi, maka rekomendasi apapun tidak akan efektif.
2.Apa yang kamu lakukan jika terlibat dalam proyek besar dan kompleks?
Jawabannya juga beragam:
– More control: Mengadakan meeting setiap hari, melakukan update status setiap jam (management/micro). (zero cost, increase stress)
– Memberikan training work/life balance. (low budget – vs big budget) misal biaya 5 juta
3.Jika kamu seorang guru, apa yang akan kamu lakukan jika pinsil sering hilang?
(karena pinsil itu kecil, harganya murah, semua orang membutuhkan, akibatnya sering hilang)
– Mewajibkan pinsil diberi nama (less control: roles-responsibility/ownership)
– Membuat fungsi polisi pinsil, ada orang yang mencatat pinsil beredar (more control/supervision)
– Siswa tidak diwajibkan membawa pinsil, pinsil adalah inventaris kelas (no control)
Ahimsa
Pas Band feat. Bunga Citra Lestari – Kumerindu
Marjinal – Negri Ngeri
Missing Pencil ref
give a man a fish and you feed him for a day; teach a man to fish and you feed him for a lifetime
Ignorance is illusion of knowledge
- Stop organizational politics
- Stop setting unclear expectations
- Stop unnecessary rules
- Stop poorly designed work
- Stop unproductive meetings
- Stop the lack of follow-up
- Stop the constant change
- Stop the internal competition
- Stop being dishonest
- Stop the hypocrisy
- Stop withholding information
- Stop being unfair
- Stop discouraging employee ideas and suggestions
- Stop criticizing
- Stop underutilizing your people
- Stop tolerating poor performance
- Stop taking employees for granted
- Stop being invisible
- Stop over-controlling
- Stop benefits takeaways
- Stop forcing employees to do poor quality work
Tinggalkan Balasan