Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Organization – Homo Homini Lupus

leave a comment »

Beberapa hari yang lalu, saat wawancara, saya mendapatkan pertanyaan sederhana:

1.Apa yang kamu lakukan jika banyak karyawan datang terlambat kerja?
Jawaban yang diberikan ternyata beragam, pada umumnya “better management is better/more control”.
– Potong gaji (punishment), beri penghargaan (reward) bagi yang datang tepat waktu. (management/rules/process) (zero cost, increase stress), hire consultant 50 juta (capex)
– Bikin sistem absensi (technology). Misalnya biayanya 100 juta (capex)
– Rekrut satpam untuk mengawasi karyawan, rekrut petugas resepsionis (management/resources). Misalnya gajinya 10 juta per bulan (opex)

Padahal dari pertanyaan ini ada beberapa hal besar yang tidak semuanya terjawab misalnya, mengapa karyawan terlambat. Apakah karena mereka tidak termotivasi? kalau tidak termotivasi, maka rekomendasi apapun tidak akan efektif.

2.Apa yang kamu lakukan jika terlibat dalam proyek besar dan kompleks?
Jawabannya juga beragam:
– More control: Mengadakan meeting setiap hari, melakukan update status setiap jam (management/micro). (zero cost, increase stress)
– Memberikan training work/life balance. (low budget – vs big budget) misal biaya 5 juta

3.Jika kamu seorang guru, apa yang akan kamu lakukan jika pinsil sering hilang?
(karena pinsil itu kecil, harganya murah, semua orang membutuhkan, akibatnya sering hilang)
– Mewajibkan pinsil diberi nama (less control: roles-responsibility/ownership)
– Membuat fungsi polisi pinsil, ada orang yang mencatat pinsil beredar (more control/supervision)
– Siswa tidak diwajibkan membawa pinsil, pinsil adalah inventaris kelas (no control)

Ahimsa
Pas Band feat. Bunga Citra Lestari – Kumerindu
Marjinal – Negri Ngeri
Missing Pencil ref

give a man a fish and you feed him for a day; teach a man to fish and you feed him for a lifetime
Ignorance is illusion of knowledge

  1. Stop organizational politics
  2. Stop setting unclear expectations
  3. Stop unnecessary rules
  4. Stop poorly designed work
  5. Stop unproductive meetings
  6. Stop the lack of follow-up
  7. Stop the constant change
  8. Stop the internal competition
  9. Stop being dishonest
  10. Stop the hypocrisy
  11. Stop withholding information
  12. Stop being unfair
  13. Stop discouraging employee ideas and suggestions
  14. Stop criticizing
  15. Stop underutilizing your people
  16. Stop tolerating poor performance
  17. Stop taking employees for granted
  18. Stop being invisible
  19. Stop over-controlling
  20. Stop benefits takeaways
  21. Stop forcing employees to do poor quality work

Written by Anjar Priandoyo

Desember 4, 2020 pada 12:05 pm

Ditulis dalam Work

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: