Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Menjaga fisik dan mental

leave a comment »

Saya pernah mencoba mengatur pola tidur, menggunakan semacam aplikasi yang mentrack waktu tidur. Berjalan cukup lama sekitar 2 bulanan, kemudian berhenti sama sekali. Tracking waktu tidur hampir mustahil dilakukan. Meski tidur merupakan bagian paling penting dari mekanisme hidup sehat: makan-olahraga-tidur. Tapi saya menyimpulkan tidur merupakan hal yang paling sulit untuk di track. Tidur itu dampak (impact) sesuatu yang tidak bisa dikontrol, yang bisa dikontrol adalah adalah aktivitas. Makan dan olahraga itu bisa dikendalikan (control)

Hal yang sama dengan stress, saya juga mencoba mentrack stress, tapi sepertinya ini sangat sulit untuk dilakukan. Sepertinya banyak orang yang komplain, bagaimana mengukur sesuatu yang subyektif, sesuatu yang ada di level psikologis.

Sejauh ini beberapa hal yang bisa saya lakukan. Melihat data log pikiran saya (buku, film dan tulisan). Dari tiga indikator ini bisa terlihat bahwa dalam internal bulanan, saya sudah mengidap stress selama beberapa bulan terakhir. Dari sini saya mencoba menemukan indikator apa yang lebih efektif. Sama seperti tidur tadi, beberapa hal yang saya bisa melakukan adalah mengurangi attention-drainage, semisal suara berisik, cahaya dari mobile phone (sesuatu yang bahkan lebih basic dari social media).

Written by Anjar Priandoyo

November 13, 2021 pada 7:32 pm

Ditulis dalam Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: