Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Kimball Nine Step Datawarehouse

leave a comment »

Interesting the main Computer Science Textbook for Datawarehouse is from Kimball & Ross

Datawarehouse

1.Choose Process. Penentuan subject dari masalah yang sedang di hadapi. Tentukan proses penting dari kegiatan operasional.

2.Choose Grain. Grain merupakan data dari table fakta yang dapat di analisis. Memilih grain berarti menentukan apa yang di representasikan oleh record dalam table fakta.

3.Identity & Conform Dimension. Identifikasi dimensi dengan detail untuk mendeskripsikan sesuatu. Hubungan ini di buat dalam bentuk table.

4.Choosing Fact. Memilih fakta yang akan di gunakan. Masing-masing fakta memiliki data yang dapat di hitung untuk kemudian di tampilkan dalam bentuk laporan, graphic atau diagram.

5.Store Pre-calculation In Fact Table. Setelah fakta-fakta itu di pilih masing-masing fakta tersebut harus di kaji lagi untuk menentukan adanya peluang untuk di gunakan pra hitungan.

6.Rounding Out The Dimension Table. Mengembalikan fakta ke dalam table dimensi, teks itu harus intuitif dan mudah di mengerti oleh pengguna.

7.Decide Duration Of Database & Periodicity Of Update. Menentukan batas waktu dari umur data yang di ambil dan akan di pindahkan ke table fakta. Perhatikan tingkat akurasi yang di miliki oleh data histori.

8.Track Slowly Changing Dimensions. Perubahan dari dimensi table dimensi dapat di lakukan dengan 3 cara yaitu mengganti secara langsung pada table dimensi, membentuk record baru untuk setiap perubahan baru dan perubahan data yang membentuk kolom baru yang berbeda.

9.Decide Query Priorities & Query Mode.Tentukan periode proses ETL (extract, transform & load).

Written by Anjar Priandoyo

Februari 16, 2022 pada 7:39 pm

Ditulis dalam Science

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: