Anjar Priandoyo

Catatan Setiap Hari

Catatan Minggu Pagi

leave a comment »

Salah satu pencapaian terbesar dalam hidup saya adalah mengelola lari. Saya memulainya pada tahun 2013, dengan motivasi yang sangat kuat, berhenti di 2014 karena faktor cuaca, sesuatu yang hampir mustahil saya untuk menaklukkannya, benar-benar terhenti pada tahun 2015. Lari baru bisa kembali lagi pada tahun 2016, dipancing dengan IHC, dimotivasi dengan marathon, dikonsistensikan dengan pokemon go. Tahun 2017 marathon, tahun 2018 rutin, tahun 2019 berhenti kembali, juga karena faktor cuaca yang hampir mustahil ditaklukkan. Sama mengalami great pause hampir 2 tahun untuk kemudian untuk mulai lagi di 2021. Lari merupakan contoh long term project, atau bisa dibilang operational work yang durasinya bisa seumur hidup, bisa lebih dari hitungan tiga dekade.

Dengan analogi yang sama sebenarnya saya melihat ini bisa diterapkan juga pada pekerjaan. Pertama, saya seharusnya tidak melihat pekerjaan sebagai sebuah project, sama seperti marathon bukan sebuah project, marathon hanya drugs, stimulant jangka pendek. Kedua, saya harus melihat pekerjaan sebagai sesuatu yang measurable, terukur. Bukan sesuatu yang pendekatannya asal sabar. Pekerjaan sama seperti lari bisa diukur dalam orde waktu, baik bulan maupun minggu.

Bagaimana caranya sedang saya pikirkan. Awal-awal ini saya melihat week number sepertinya bisa menjadi ukuran yang reference-able. Membayangkan bahwa dalam 1 tahun ada 52 kesempatan, ada 12 tahapan, sepertinya lebih reference-able. Contoh ada break pada bulan ke 4 selama 1 bulan (M13-18). Ada potensi penambahan load di bulan ke 7 (27-30). Cara ini memang baru bisa diterapkan di tahun 2021 -sangat ideal. Ini sama seperti saya menemukan bahwa mekanisme lari yang paling ideal adalah full week, dibandingkan dengan selected week. Kalau dibandingkan dengan sebelumnya, Q4-2019 P1-P2 (2), Q1-Q4 2020 P3-P7 (5), 2021 P8-P11 (4) sepertinya mekanisme ini bisa digunakan secara lebih baik untuk bisa melakukan performance monitoring. Menarik.

281 kata

Written by Anjar Priandoyo

Februari 27, 2022 pada 6:07 am

Ditulis dalam Work

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: